spot_img

Palangka Raya Minim Tenaga Penyuluh

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng)Minimnya tenaga penyuluh pertanian di Kota Palangka Raya menjadi permasalahan yang cukup serius bagi Dinas Pertanian Perkebunan Dan Pelaksana Penyuluhan Dan Ketahanan Pangan (DP4KP).

Pasalnya tenaga penyuluh juga berperan penting dalam mengawal, mendampingi dan membina para petani.

Kabid penyelenggara, kelembagaan dan SDM penyuluhan pada DP4KP Kota Palangka Raya, Narie menuturkan untuk saat ini jumlah tenaga penyuluh ada 34 orang diantaranya, penyuluh pertanian PNS 25 orang, perikanan 6 orang dan tenaga harian lepas, Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THLTB) berjumlah 3 orang.

“Saat ini kita masih kekurangan, untuk mengantisipasi kami mengotimalkan tenaga penyuluh swadaya,” kata Narie saat dibincangi, di ruang kerjanya, Senin (12/10/2015).

Pihaknya juga akan mengotimalkan para petani yang dianggap memiliki kemampuan dan pengalaman lebih untuk menjadi tenaga penyuluh swadaya yang diberdayakan oleh dinas.

“Kita tahu banyak juga petani yag memiliki pengalaman lebih, hal itu kita optimalkan untuk membantu tenaga penyuluh dari dinas yang saat ini masih mengalami kekurangan,” tukasnya.

Tenaga penyuluh yang dibutuhkan dalam satu kelurahan minimalnya ada satu yaitu penyuluh pertanian,perikanan dan peternakan.

Kami harapkan ditahun depan bisa mendapatkan tenaga penyuluh tambahan untuk memenuhi jumlah tenaga penyuluh yang sudah ada saat ini,” tuturnya.

Kepada para petani yang memiliki banyak pengalaman hendaknya saling berbagi kepada yang lain guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Tenaga penyuluh juga bisa meningkatkan SDM yang bekualiatas, jadi kepada seluruh petani hendaknya bisa saling berbagi pengalaman,” tutupnya(Agus Fataroni)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,042PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles