KPU Medan Gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan DPT

MENARAnews, Medan (Sumut) – KPU Kota Medan membuka Rapat Pleno Terbuka untuk penetapan DPT di Kantor KPU Kota Medan, Jumat (2/10) pada pukul 14.00WIB. Waktu pembukaan tergolong molor, pasalnya rapat sempat diskors karena Panwaslu belum hadir di lokasi.

Alasan kehadirannya Panwas kali ini cukup penting, karena pada proses penginput data Daftar Pemilih Sementara (DPS), Panwas menemukan beberapa kejanggalan. Kejanggalan yang dimaksud adalah perbedaan data, dan metode pemasukan data itu. Juga, Panwas menemukan beberapa DPS yang pemiliknya sudah tidak aktif (meninggal).

“Kami menyarankan. Cara menginput data yang kami tawarkan. Namun pihak PPK Amplas berbeda, masih menggunakan Sidali. Bukan secara manual”, ujar Ketua Panwaslu Medan, Raden Deni Admiral.

Deni mengungkap, selain proses input tadi, pihaknya juga menemukan jika PPK tidak benar-benar menginput data penduduk secara ril. Artinya, PPK mendapat data tidak dari hasil penghitungan atau rekap secara manual, melainkan data yang dikirim dari KPU Medan.

“Harusnya data yang dari bawahlah yang menjadi asupan untuk KPU Medan. Tapi yang ditemukan kawan-kawan di lapangan ini malah terbalik, yang di kecamatan malah menunggu data yang di drop dari KPU Medan”, ungkapnya.

PPK Amplas sempat ditegur oleh pihaknya agar benar benar dalam melakukan rekap data agar tidak ada kesalahan. Namun, PPK Amplas malah tertutup ketika diminta hasil kinerjanya.

Namun, Ketua KPU Medan, Yenni Chairiah Rambe membantah hal tersebut. Dalam rapat itu, sempat terjadi perdebatan antata KPU dan Panwaslu Medan. Yenni mengatakan, jika data yang saat ini dibahas merupakan data rekapitulasi sementara, dan penetapannya masih berlanjut.

“Ini kita bukan mau bicara ke belakang lagi. Di sinilah kita mau perbaiki. Memang SDM-nya yang begini”, katanya dengan nada tertawa.

Saat dikonfirmasi secara langsung, Yenni mengatakan bahwa rapat tersebut masih berjalan, dan dijadwalkan akan berjalan panjang. “Ini masih lama. Pokoknya sampai selesai ini baru DPT bisa keluar. Kalau sampai tengah malam belum kelar, kita tetap lanjut”,pungkasnya.(yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles