KPU Kota Medan Jaring Kemitraan Untuk Sosialisasi Pilkada Serentak

MENARAnews, Medan (Sumut) – Sekretaris KPU Kota Medan, Maskuri, SH,  memberikan arahan seputar program sosialisasi Pilkada serentak kepada mitra lembaga yang akan bekerjasama dengan KPU dalam menyukseskan sosialisasi Pilkada serentak Kota Medan pada 9 Desember nanti di Gedung KPU Kota Medan, Kamis (1/9).

Terdapat beberapa Lembaga baik LSM maupun dari kampus yang berhasil diseleksi diantaranya, Elsaka, Sintesis, Harmoni, AJI. Ada juga dari pihak kampus, seperti Ilmu Politik USU, Antropoligi USU, UISI, UMSU, UIN, Universitas Dharma Wangsa dan Universitas Darma Agung.

Pengarahan teknis ini dilakukan agar lembaga yang bermitra dengan KPU dapat terhubung dengan baik, sehingga program yang sudah direncanakan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan. Pelaksanaan sosialisasi ini nantinya memiliki sasaran lebih kepada pemilih pemula, kelompok masyarakat kecil.

Ketua KPU Kota Medan, Yenni Chairiah Rambe, SH, mengatakan bahwa sosialiasi ini harus dioptimalkan seefektif mungkin, mengingat tingkat partisipasi politik masyrakat Kota Medan masih sangat rendah. Pada Tahun 2101 saja, Kota Medan tercatat memiliki partisipasi politik urutan paling bawah dari seluruh kota di Indonesia.

“Sosialisai ini harus berjalan optimal, Kita harus bersama-sama bekerja keras meningkatkan partisipasi masyarkat, terutama pemilih pemula,” ucapnya.

Lebih lanjut, Komisioner KPU Kota Medan, Pandapotan Tamba menjelaskan aturan main pelaksanaan program sosialisasi yatu, pelaksana sosialiasai bukanlah perangkat maupun keluarga penyelenggara, minimal target peserta seratus orang, peserta harus diberikan transport atau penggantinya dan tim media harus berada dilapangan melaporkan jalannya sosialisasi.

Terkait masalah ruangan, para mitra diberikan kebebasan untuk memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Untuk narasumber, diwajibkan untuk meibatkan salah anggota KPU kedalam daftar narasumber, agar penyampaian informasi lebih efektif. (ded)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles