KPU Konut Tetapkan Jumlah DPT Sebanyak 41.929

MENARAnews, Konawe Utara (Sultra) – KPU Kab. Konawe Utara (Konut) menggelar Rapat Pleno Terbuka penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2015 pada Jumat (2/10) di Aula Kantor KPU Kab. Konut.

Penyelenggaraan rapat pleno dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kab. Konut, Marwati didampingi 4 Komisioner KPU Kab. Konut.

Komisioner KPU Kab. Konut Divisi Program dan Data, Masmudin menjelaskan bahwa jumlah DPT Kab. Konut sebanyak 41.929 wajib pilih yang terdiri atas 21.581 laki-laki dan 20.347 perempuan yang tersebar di 163 TPS di 145 desa.

“Berdasarkan hasil Rapat Pleno, DPT Kab. Konut ditetapkan sebanyak 41.929 mata pilih. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan jumnlah DPS sebanyak 41.891 mata pilih,” terangnya.

Ia menambahkan, perubahan jumlah pemilih disebabkan adanya warga yang belum terdaftar dalam DPS. Namun demikian, penurunan jumlah pemilih juga ditemukan di beberapa kecamatan.

“Perubahan daftar pemilih disebabkan beberapa hal, seperti adanya warga yang belum terdaftar, sehingga banyak kecamatan yang mengalami peningkatan junmlah pemilih. Penurunan julah pemilih juga tyerjadi di beberaqpa kecamatan karena adanya daftar pemilih ganda. Namun secara keseluruhan, jumlah pemilih tetap meningkat,” tambahnya.

Terakhir, Masmudin mengatakan jumlah DPT tersebut masih mungkin mengalami perubahan pada DPT Tambahan 1 (DPTb1) nantinya.

“Hasil DPT hari ini bukan hasil akhir jumlah pemilih. Seluruh PPK akan tetap mendata warga yang belum terdaftar agar dapat dimasukkan ke DPTb1. warga yang belum terdaftar tetap dapat memilih. Syaratnya adalah harus membawa kartu identitas yang sah berdasarkan aturaan KPU Pusat pada 9 Desember mendatang,” tutupnya.

Sempat terjadi perdebatan antara Panwaslu dan KPU Kab. Konut saat Rapat Pleno berlangsung karena adanya permasalahan identitas lain, seperti surat domisil;i yang rawan disalahgunakan untuk melakukan kecurangan. (AN)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,036PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles