KESBANGPOL Gandeng Pemuda Sukseskan Pilkada Kota Medan

MENARAnews, Medan (Sumut)  Kesbangpol melakukan Sosialisasi Peran Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Daerah Walikota/Wakil Walikota Kota Medan 2015 yang bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi politik masyarakat Kota Medan, Rabu (21/10).

Narasumber dalam acara tersebut diisi oleh Edy Suhartono (Komisioner KPU Kota Medan Divisi Sosialasi), Ruliansyah Nasution (Komisioner Panwaslih Divisi Sumber Daya Manusia), dan Kompol S. Manulung (Kepala Satuan Bimpolmas Polres Kota Medan).

Acara ini dibuka oleh Muslim Lubis (Asisten Pemko Medan) yang mewakili Pj Walikota Medan, setelah dibuka acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Khirudin Aritonang (Sekjen KNPI Kota Medan).

Dalam diskusi, Kompol S. Manurung menjelaskan mengenai pentingnya Kamtibmas agar Pemilukada Kota Medan dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar.

Kamtibmas adalah kunci dari suksesnya Pemilukada di Kota Medan sehingga pemuda diharapkan dapat menjaga Kamtibmas agar suasana tetap kondusif pada masa-masa penyelenggaraan Pilkada Kota Medan” ujarnya di dalam gedung Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Medan.

Kemudian pada kesempatan selanjutnya Edy Suhartono menjelaskan bahwa partisipasi politik masyarakat sangat rendah dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumatera Utara dan mengharapkan Kota Medan menjadi barometer daerah lainnya.

Partisipasi politik di Kota Medan masih sangat rendah jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Sumatera Utara sehingga pemuda diharapkan dapat mendorong partisipasi politik masyarakat Kota Medan pada Pemilukada 9 Desember 2015 dan kita mengarapkan (Kota Medan) dapat menjadi barometer sebagai salah satu daerah dengan partisipasi politik yang tinggi di Sumatera Utara ” Ujarnya.

Pada kesempatan terakhir sebelum acara ditutup, Ruliansyah Nasution meminta agar pemuda dapat membantu masyarakat dalam pemahaman regulasi dan berani melaporkan apabila adanya kecurangan.

Permasalahan-permasalahan dalam Pemilukada dapat dihindari dengan melakukan sosialisasi terkait regulasi-regulasi yang telah ada dari Bawaslu agar dapat mengurangi kecurangan-kecurangan dalam Pemilukada Kota Medan, bukan rahasia umum lagoi apabila Panwaslih hingga saat ini biasanya hanya menjadi pelengkap dalam pelaksanaan Pemilukada dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan kecurangan dalam pelaksanaan Pemilukada ” katanya M. Yasir.

Maksud dan tujuan dari diskusi ini adalah untuk meningkatkan partisipasi poltik masyarakat Kota Medan pada Pilkada 2015 untuk lebih meningkat lagi. (sbp)

{adselite}

Comments
Loading...