Kabut Asap, Tak Harus Evakuasi keluar Daerah

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kehadiran Pj Gubernur Kalteng bersama dengan Wakil Walikota Palangka Raya dalam acara pemeriksaan gratis di Kecamatan Mendawai disambut hanya oleh masyarakat sekitar. Kegiatan itu dilaksanakan oleh pihak Provinsi Kalteng dan bekerja sama dengan pemerintah kota Palangka Raya.

Dalam kesempatannya Pj Gubernur Kalteng Hadi Prabowo mengatakan bahwa kalteng sudah menyiapkan 330.000 unit rumah singgah diseluruh kabupaten/kota yang terdiri dari rumah oksigen dan juga posko pengobatan gratis.

“Kita tidak ada evakuasi, sebab evakuasi tidak harus keluar daerah tetapi masyarakat mendapatkan ketenangan dirumah singgah, rumah oksigen, rumah belajar dan juga pemngobatan gratis,” tuturnya kepada awak media saat memantau pengobatan gratis, Rabu (28/10/2015).

Dikatakannya juga, bahwa masyarakat Kalteng wajib bersyukur dengan datangnya hujan dalam kurun waktu dua hari belakangan, sehingga kondisi asap sudah berkurang dan bencana kabut asap dapat segera berakhir.

Sementara bantuan penjernih udara dari kementrian Sosial (kemensos) sudah tiba kemarin (27/10/2015) dengan jumlah 25 buah dan juga sudah didistribusikan ke setiap rumah singgah, rumah oksigen, dan rumah belajar.

Ketika ditanya apakah ini sebagai persiapan akan datangnya presiden RI ? dirinya mengatakan bahwa walapun pak Presiden tidak ke Palangka Raya rumah singgah dan rumah oksigen serta rumah belajar tetap dilaksanakan.

“Ini adalah tahapan, sebab presiden tidak kesinipun tetap akan dilakukan dan ini kita lakukan juga sebelum aa wacana akan datangnya pak presiden,” Tukasnya.

Saat ini orang nomor satu diIndonesia tersebut sedang melakukan perjalan menuju kedaerah yang terkena dampak kabut asap salah satunya adalah sedang menuju Kalteng, khususnya Palangka Raya.

Kita juga masih belum tau pastinya kapan akan datangnya pak presiden, saat ini sedang di perjalanan, namun apabila tidak akhir minggu ini maka akhir minggu depan,” tutupnya.

Harapannya, semua masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan terutama anak-anak dan lansia. (Agus Fataroni)

Editor : Raudhatul N.

Comments
Loading...