Indonesian Journalist Network (IJN) Papua dan Papua Barat Dikukuhkan

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Pengurus Indonesian Journalist Network (IJN) Papua dan Papua Barat dikukuhkan oleh Yahya Suryadarma selaku ketua IJN Pusat di Grand Abe Hotel selasa(6/10). Dalam sambutanya Yahya mengatakan era reformasi saat ini mengacu ke seluruh kehidupan termasuk dalam organisasi wartawan.

“Dalam kongres VI IJN di Samarinda, kami memiliki amanah terkait organisasi kewartawananan. Perlu adanya kesiapan dari segi organisasi fungsi dan wartawan itu sendiri,” jelasnya.

Saat ini banyak organisasi bagi jurnalis yang ada di Indonesia dan diakui oleh Dewan Pers, namun perlu diantisipasi adanya organisasi jurnalis yang abal-abal atau bodong. Oleh karena itu pengurus di daerah harus bekerja ekstra agar organisasi dapat berjalan sesuai dengan amanah kongres.

“Harus segera disiapkan administrasi bagi para wartawan yang akan masuk serta harus berjalan sesuai dengan organisasi pada umumnya,” tegas Yahya.

Sekda Kota Jayapura RD Siahaya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan agar jurnalis yang melaksanakan tugas mengedepankan prinsip profesionalisme.

“Mari bersama-sama pemerintah membangun Tanah Papua dan Kota Jayapura karena media merupakan salah satu mesin penggerak pembangunan Papua dan Kota Jayapura,” himbau Sekda.

Dengan dikukuhkannya pengurus IJN Papua dan Papua Barat diharapkan dapat memberitakan secara seimbang baik yang terjadi di masyarakat dan pemerintah dan transparan.

“Pers harus menyampaikan berita yang akurat, seimbang, membangun dan menciptakan situasi yang kondusif,” tegasnya.

Dalam pengukuhan tersebut yang terpilih untuk memimpin IJN Papua dan Papua Barat periode 2015-2018 adalah Robert Vanwi. (surya)

Comments
Loading...