Hujan Mulai Turun di Kalteng Bagian Utara dan Selatan

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tjilik Riwut Palangka Raya memprediksi selama tiga hari kedepan sejak 1 Oktober 2015 ini, wilayah Kalteng bagian utara dan selatan berpotensi mengalami curah hujan dengan itensitas curah hujan ringan sampai dengan sedang.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya, Bayu Umbaran mengatakan Kalteng bagian utara seperti Kabupaten Gunung Mas, Barito, Muara Teweh dan Katingan akan terjadi hujan dengan itensitas ringan sampai sedang.

“Untuk Kalteng bagian selatan seperti wilayah di Kabupaten Sukamara, Kotawaringin Barat (Kobar), Pulang Pisau, Kapuas, dan Seruyan dalam tiga hari ini akan mengalami hujan dengan intesitas ringan” jelas Bayu Umbaran dikonfirmasi menaranews kamis (01/10/2015)

Dikatakanya, tadi malam wilayah seperti Kecamatan Pujon dan Kecamatan Timpah di Kabupaten Kapuas, Kecamatan Buntok di Kabupaten Barito Selatan, Kecamatan Kurun, Tewah Kabupaten Gunung mas, serta Kecamatan Tumbang Samba Kabupaten Katingan mengalami curah hujan dengan itensitas ringan hingga sedang.

Meski terjadi hujan di beberapa wilayah menurut Bayu, belum bisa mengubah kondisi kabut asap di wilayah Kalteng secara keseluruhan. Dikarenakan untuk mengubah kondisi kabut asap membutuhkan curah hujan dengan intensitas cukup deras.

“Memang sumber api di wilayah Kalteng sendiri terjadi di beberapa titik wilayah di bagian selatan contohnya dengan curah hujan dengan intensitas cukup deras bisa menambah debet air yang turun dari hulu ke hilir,” Lanjutnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya lagi, kondisi kabut asap juga bisa berubah dikarenakan turunya hujan di pusat-pusat titik api seperti di Kabupaten Kapuas dan Pulang Pisau. “Palangka Raya sendiri, dimungkinkan tidak terjadi curah hujan, dan kondisi kabut asap selama 3 hari nanti masih terjadi dikarenakan masih masuk musim kemarau,” tambahnya.

Bayu mengatakan kabut asap di Kota Palangka Raya sendiri terjadi merupakan kabut asap kiriman karena adanya angin yang berasal dari timur. Kemungkinan Kota Palangka Raya akan mengalami hujan pada awal November 2015. (Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

Comments
Loading...