spot_img

Drum Band Korem 044/Gapo Juara Umum Piala Pangdam II/Sriwijaya Cup Tahun 2015

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Sebanyak 6 Tim Grup Marching Band yang terdiri dari para pelajar SLTA/Sederajat se-Sumbagsel saling berkompetisi dalam Lomba Drum Band antar Korem jajaran Kodam II/Sriwijaya di halaman Makodam II/Sriwijaya, Jln. Jend Sudirman, Palembang, Kamis (15/10). Lomba Drum Band yang memperebutkan Piala Pangdam II/Sriwijaya Cup Tahun 2015 ini dibuka langsung oleh Kasdam II/Sriwijaya, Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak.

Keenam Tim Drum Band tersebut adalah dari Korem 041/Gamas diwakili Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 1 Bengkulu dan Drum Band Fatmawati Islamic Musical MAN 2 Bengkulu, Korem 042/Gapu diwakili Drum Band Gita Korem 042/Gapu Akper Kesdam II/Sriwijaya, Korem 043/Gatam diwakili Drum Band Kartika Lokananta dari SMP Kartika II Bandar Lampung, Korem 044/Gapo diwakili Drum Band Akademi Perhubungan Provinsi Sumsel dan dari Korem 045/Gaya diwakili Drum Band Musical Widitra SMA 1 Kec. Namang Bateng Bangka. Adapun materi yang dilombakan adalah Parade, Display, dan Drum Major.

Dalam lomba tersebut, keluar sebagai Juara Umum memperebutkan Piala bergilir Pangdam II/Sriwijaya Cup Tahun 2015 adalah Tim Drum Band Korem 044/Gapo Palembang dengan total nilai 210.

Selanjutnya, untuk Materi Parade, keluar sebagai
Juara – 1, Tim Drum Band Korem 045/Gaya Bangka, diikuti
Juara – 2, Tim Drum Band Korem 044/Gapo Palembang dan
Juara – 3, Tim Drum Band Korem 041/ Gamas (A) Bengkulu.
 
Untuk Materi Display, keluar sebagai
Juara – 1, Tim Drum Band Korem 041/Gamas (A) Bengkulu, selanjutnya
Juara – 2, Tim Drum Band Korem 044/ Gapo Palembang dan diikuti
Juara – 3, Tim Drum Band Korem 041/Gamas (B) Bengkulu.
 
Sedangkan untuk Drum Major tampil sebagai Juara – 1 Tim Drum Band Korem 044/Gapo Palembang, Juara – 2 Tim Drum Band (A) dan Juara – 3 Tim Drum Band (B) masing-masing dari Korem 041/Gamas Bengkulu.

Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson, dalam sambutannya yang dibacakan Brigjen TNI Komaruddin Simanjuntak, Kamis (15/10) ketika membuka Lomba Drum Band tersebut mengatakan bahwa, tujuan digelarnya lomba Drum Band ini adalah untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan bela negara bagi pelajar SLTA/Sederajat selaras dengan wawasan kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila.

“Disamping itu, melalui lomba Drum Band diharapkan dapat menjadi wahana aktivitas seni dan olah raga yang sangat bermanfaat dalam membentuk karakter pemuda, karena melalui kegiatan seni dan olah raga ini akan tumbuh semangat kebersamaan, kekompakan, kedisiplinan, dan aktivitas positif yang bisa mencegah remaja dari berbagai kegiatan negatif,” ujar Pangdam. 

Sementara itu, Mayjen TNI Purwadi Mukson ketika memimpin upacara penutupan lomba mengatakan bahwa penyelenggaraan lomba ini selain menjadi barometer untuk mengukur sejauh mana keberhasilan dalam melakukan pembinaan masing-masing tim sekaligus menjadi wahana untuk saling berkomunikasi dan mempererat jalinan silaturahmi antar sesama peserta lomba, sehingga akan tumbuh semangat kebersamaan dan persaudaraan.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Sriwijaya didampingi Kasdam II/Sriwijaya, para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam II/Sriwijaya menyerahkan hadiah kepada masing–masing   pemenang berupa Piala bergilir dan uang pembinaan yang disiapkan Panitia. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles