Darmawan: Walikota Jangan Kelamaan Biarkan Kekosongan Jabatan Wawako

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Ketua DPRD Palembang, Darmawan mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima nama-nama calon Wakil Walikota (Wawako) yang diusulkan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo. Darmawan yang juga merupakan kader PDIP ini sempat menuturkan jika dari Partainya sendiri juga belum menerima nama Calon Wawako dari DPP PDIP.

Diungkapkan Darmawan, DPRD Palembang sampai dengan sekarang ini belum menerima nama calon Wawako untuk mendampingi Harnojoyo.

“Hingga hari ini, belum masuk ke kami DPRD Palembang nama-nama calon Wakil Walikota itu,” ucap dia usai menghadiri acara kapsul waktu oleh Gerakan Ayo Kerja di Pelataran BKB, Palembang (9/10).

Dilanjutkan Darmawan yang lebih akrab dengan panggilan Iwan ini, pada akhirnya setelah nama-nama diajukan sebagai Wawako, hal tersebut akan tetap merupakan kewenangan atau hak daripada Walikota Palembang Harnojoyo.

“Merujuk kepada UU No. 8 tahun 2015, tetap Pak Walikota yang memilih wakilnya,” katanya.

Disinggung mengenai siapa kader dari partai berlambang benteng moncong putih miliknya, Darmawan  juga dengan jelas menuturkan hingga sekarang juga belum ditentukan oleh DPP PDIP, yakni Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

“PDIP sendiri belum masuk ke DPRD Palembang, karena memang PDIP juga belum ada putusan dari pusat. Namun sudah diajukan ke DPP PDIP 13 orang dan telah melakukan fit and proper test,” terang Iwan.

Ia mengharapkan agar kekorongan jabatan Wawako tidak berlangsung terlalu lama.

“Pak Walikota juga kalau bisa jangan lama-lama menentukan wakilnya, karena kekosongan itu perlu diisi dengan semakin padatnya kegiatan di Kota Palembang ini. Kan kalau banyak acaranya, Walikota tidak ada, bisa diwakilkan oleh wakilnya. Saya pikir mungkin bulan Desember nanti sudah ditentukan Wawako itu,” tutup Iwan.

Hal serupa juga dikatakan oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, dimana menurut dia untuk calon Wawako, mesti sudah menerima beberapa usulan dari semua Partai pengusung, namun belum dapat dia putuskan.

“Belum, nanti kalau sudah pasti dkabari,” ucap Harnojoyo singkat. (AD)

{adselite}

Comments
Loading...