spot_img

Bawaslu Nilai Aturan Debat Pilgub Jambi Terlalu Longgar

MENARAnews, Jambi – Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Jambi menilai euforia tim cagub berlebihan pada pelaksanaan debat kandidat pertama calon gubernur Jambi antara Hasan Basri Agus dan Zumi Zola yang berjalan dengan penuh teriakan dan euforia dari setiap tim pendukung calon yang mengganggu jalannya debat.

“Tim Paslon yang euforia cukup berlebihan pada debat pertama ini juga menjadi catatan penting bagi KPU,” akui Subhan, usai pelaksanaan Debat I, Sabtu (3/9).

Terang Subhan, pelaksanaan debat yang dilakukan selama tiga kali tahapan ini, untuk Debat I pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap jalannya debat.

“Kita akan tonton kembali pelaksanaan Debat ini. Mengenai euforia berlebihan tim pemenangan, kita akan lakukan koordinasi dengan kedua tim pemenangan ini,” terang Subhan.

Melihat hasil pelaksanaan Debat I, melalui Komisioner Bawaslu Provinsi Jambi, Asnawi menilai untuk aturan main yang digunakan KPU Jambi terlalu longgar. Hal ini memberi ruang bagi para kandidat untuk saling mengkritik dan menjatuhkan. Terang Asnawi kembali, jika untuk debat selanjutnya perlu memberikan konsekuensi kepada kedua tim pemenangan untuk proses berjalannya debat dengan baik.

“Kita sudah kasih catatan dan masukan sama KPU, kita harap ke depannya bisa lebih baik lagi,” kata usai pelaksanaan debat.

Asnawi menjelaskan dalam debat kandidat Calon Gubernur (Cagub), ada beberapa catatan yang harus dilakukan oleh KPU, seperti terkait mengenai tata tertib ataupun aturan main khususnya bagi pendukung. Lanjutnya, tampak sekali kedua pendukung kandidat malah bebas saling menyerang pribadi kandidat dibandingkan memberi dukungan ataupun mengkritik kebijakannya.

“Ini menjadi koreksi bagi panitia, kalau itu termasuk pelanggaran? masih dalam taraf normal. Namun kalau ada pelanggaran sampaikan kepada kami (Bawaslu)” pungkasnya. (GWA)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles