Anak SMA Bobol Email Pribadi Direktur Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA

Direktur Badan Intelijen Amerika Serikat , CIA (Central Intelligence Agency), John Brennan dan Sekretaris Homeland Security, Jeh Johnson tampaknya harus segera belajar konsep keamanan internet.

Bagaimana tidak, pada Senin (19/10/2015) kedua tokoh prominen di bidang intelijen itu mengalami insiden yang sangat memalukan. Seorang remaja SMA mengklaim telah berhasil membobol akun online milik kedua pejabat intelijen itu.

Seperti dilansir New York Post, remaja SMA itu mengatakan telah membobol email AOL milik Brennan dan juga mengakses akun penyedia layanan internet, Comcast milik Johnson.

Berdasarkan pengakuan yang disampaikan oleh remaja SMA itu, terdapat beberapa informasi sensitif yang ada di email pribadi Direktur CIA, John Brennan, yaitu

  1. Dokumen setebal 47 halaman yang berisi informasi keamanan dengan status sangat rahasia
  2. Nomor Jaminan Sosial dan informasi personal dari puluhan pejabat intelijen AS
  3. Surat perintah tentang tindakan untuk melakukan teknik interogasi dengan segala cara terhadap tersangka aksi terorisme.

Hacker remaja ini sempat mengunggah dokumen yang berisi informasi pribadi dari 2.611 personel intelijen AS di akun Twitter miliknya, @_CWA_ (Crackas With Attitude) pada Senin (19/10/2015). Pihak Twitter pun akhirnya men-suspend akun milik remaja SMA itu.

Lantas bagaimana anak SMA itu meretas email pribadi milik direktur intelijen CIA itu? Hacker SMA itu mengungkapkan bahwa ia bersama dengan temannya melakukan aksi peretasan tersebut. Teknik yang digunakan pun sangat sederhana, mereka menggunakan teknik social engineering (rekayasa sosial). Dengan teknik ini, kedua hacker itu berhasil menipu sistem untuk melakukan reset password akun AOL milik Brennan.

Menyikapi pemberitaan di media terkait peretasan itu, personal intelijen AS yang tidak ingin disebutkan namanya menyebutkan bahwa tidak ada informasi rahasia yang berhasil dicuri dari email pribadi Brennan.

Namun demikan, pihak CIA menanggapi serius permasalahan ini, pihak CIA berkoordinasi dengan FBI dan badan intelijen lainnya saat ini tengah melakukan investigasi terkait permasalahan ini.

Berikut ini screenshot dokumen rahasia CIA di akun email Brennan yang diunggah ke Twitter

(ADF)

{adselite}

 

 

 

Comments
Loading...
error: Content is protected !!