spot_img

Tragedi Mina, Korban Tewas Jadi 310 Orang, Sebagian Besar Dari Afrika

MENARAnews, Mina – Departemen pertahanan sipil Arab Saudi kembali melaporkan bahwa jumlah jamaah haji yang menjadi korban tewas akibat terinjak-injak di Mina saat akan melaksanakan ritual lempar jumrah, telah mencapai 310 orang.

Sementara itu, data yang dilaporkan Reuters menyebutkan, jumlah korban luka-luka juga mengalami peningkatan yaitu menjadi 450 orang.

Menurut keterangan dari Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, sebagian besar korban tewas berasal dari Afrika, khususnya Mesir.

Menurutnya insiden tersebut terjadi pada pukul 07.00 waktu setempat di jalan 204, salah satu rute dari dua jalan menuju Mina yang terletak beberapa kilometer dari timur Mekah.

“Korban tewas sebagian besar dari Mesir dan Afrika. Jalan 204 bukan merupakan jalur yang digunakan oleh jamaah Indonesia untuk menuju ke Mina saat akan melaksanakan lempar jumrah,” ujar Iqbal

Peristiwa meninggalnya jamaah haji di Mina akibat berdesakan dan kemudian terinjak-injak saat akan melaksanakan ritual lempar jumrah, bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada tahun 2006, 346 jamaah haji meninggal di Mina karena berdesakan.

Selain itu, insiden terparah terjadi pada tahun 1990, 1400 jamaah haji dilaporkan tewas karena berdesakan dan terinjak-injak. (AD)

 

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,043PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles