spot_img

Sinabung Kembali Keluarkan Erupsi

MENARAnews, Karo (Sumut) Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali mengeluarkan erupsi pada pagi ini (15/9). Selain itu, terdapat guguran lava pijar sejauh 600 hingga 1.300 meter ke arah Tenggara-Timur.

 

Status Gunung Sinabung masuk pada status awas (level 4) dimana tinggal menunggu waktu akan meletus.

“Aktivitas vulkanologi Gunung Sinabung masih tinggi dan dihimbau kepada seluruh masyarakat selalu waspada dan tidak masuk ke dalam area bahaya. Sedangkan untuk daerah yang terkena debu bisa menggunakan masker.” Ungkap petugas (Pos Pengamatan Gunung Api) PPGA Sinabung, Derry.

Diprediksi akan menimbulkan hujan abu di beberapa daerah sekitar gunung Sinabung seperti di Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Merdeka, dan Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang berada di arah timur-barat laut Gunung Api Sinabung, kembali diguyur hujan material debu vulkanik

Semburan debu disebabkan adanya awan panas dengan jarak luncur 2-4 km ke sektor tenggara timur. Sedangkan kolom debu memiliki keitnggian 1-3 km bergerak seiring arah angin.

”Kondisi erupsi Gunung Sinabung ini perlu tindak lanjut yang serius dari pemerintah dan kami disini sudah menghimbau masyarakat sekitar untuk menggunakan masker karena kondisi udara yang buruk dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan” Menurut Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) USU yang sedang PBL di Kab Karo. (Rmy)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,043PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles