Perpanjangan SIM Kini Bisa Secara Online

MENARAnews, Jakarta – Dengan mempertimbangkan sisi efektifitas dan efisiensi dalam bekerja, pihak Kepolisian Republik Indonesia mengeluarkan kebijakan baru dalam hal perpanjangan SIM (Urat Ijin Mengemudi). Dengan bantuan teknologi modern, terhitung mulai  27 September 2015, perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online. Seseorang bisa memperpanjang SIM di Satpas SIM seluruh Indonesia atau tak perlu kembali ke lokasi tempat membuat SIM.

Kepala Seksi Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas SIM) Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Kunto Wibisono, mengatakan launching  perpanjangan SIM Online akan dimulai saat Car Free Day pada Minggu (27/9/2015).

Kepala Subdirektorat Pendidikan dan Rekayasa (Subdit Dikyasa) Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo, mengatakan, nantinya warga Jadetabek atau siapapun yang membuat SIM di wilayah Polda Metro dapat memperpanjang SIM dari mana saja.

“Apabila sedang di luar kota dan SIM-nya habis, ya tinggal datang saja ke Satpas SIM di kota ia berada,” ucap AKBP Ipung. Prosedur memperpanjang SIM tetap sama. Ia hanya perlu membawa SIM yang sudah diperpanjang dan KTP yang telah menggunakan NIK E-KTP.

Selain itu lanjut Ipung, perpanjangan SIM secara online juga bisa dilakukan di layanan SIM keliling seluruh Indonesia, tidak harus ke Satpas SIM setempat. Kendati demikian, Ipung mengingatkan layanan ini hanya berlaku bagi SIM yang akan habis masa berlakunya. Perpanjangan SIM secara online ini tidak bisa dilakukan jika masa sudah habis. Sehingga SIM yang diperpanjang harus masih berlaku. (Ttok)

Comments
Loading...