spot_img

Penurunan APK, Panwaslu Tunggu Surat Dari KPU Kota

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Palangka Raya saat ini masih menunggu surat perintah dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Palangka Raya perihal penurunan Alat Peraga Kampanye (APK) di luar lokasi yang sudah disepakati.

“Konsekuensinya APK di luar lokasi yang sudah ditentukan KPU akan diberikan peringatan secara tertulis terlebih dahulu, jika 1 X 24 jam tidak ada inisiatif atau kesadaran dari tim pasangan yang bersangkutan, maka Panwaslu bersama dengan Satpol PP Kota Palangka Raya dibantu Dinas Cipta Karya akan menurunkan APK tersebut,” jelas Barombon kepada MENARAnews, Rabu (30/09/2015) di ruang kerjanya.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 tentang Kampaye, bahwa APK selain yang dipasang oleh KPU dinilai illegal meskipun di dalamnya tidak terdapat empat unsur secara kolektif seperti gambar calon, nomor urut, partai pengusung atau visi dan misi dari pasangan calon.

“Kategori kampaye adalah menawarkan visi dan misi serta program masing-masing pasangan calon dan atau informasi lain yang bertujuan mengenalkan atau meyakinkan pemilih sesuai dengan PKPU No.7 tahun 2015 tentang kampaye,” jelasnya.

Pihaknya sudah menganalisa beberapa lokasi tempat pemasangan APK illegal. Diperkirakan ada 20 lokasi yang sedang dipantau dan APK tersebut dipasang sebelum KPU melakukan pemasangan APK. Tetapi terdapat beberapa lokasi yang telah diturunkan pemenangan seperti di tempat-tempat ibadah, pendidikan, dan kantor pemerintah.

Ketua Panwaslu Kota Palangka Raya ini meyakini dalam waktu dekat surat Perintah Penertiban APK akan segera diterima karena pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU Kota Palangka Raya terkait penertiban tersebut.

“Kita sudah siap melaksanakan penertiban APK, yang pasti setelah kita menerima surat dari KPU Kota, kita akan langsung berkoordinasi dengan petugas Satpol PP Kota Palangka Raya dan Dinas Cipta Karya untuk menertibkan Baliho, spanduk dan umbul-umbul pasangan calon yang termasuk indikasi,” tukasnya kembali. (Arliandie)

Editor : Raudhatul N.

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles