spot_img

OKI dan Muba Penyumbang Titik Api Terbanyak di Sumsel

MENARAnews, Palembang (Sumsel) – Jumlah titik api di Provinsi Sumsel masih mengalami peningkatan, terutama di Kab. OKI dan Kab. Musi Banyuasin (Muba).

Danrem 044/Gapo, Kolonel Inf. Try Winarno, Jumat (25/9), mengatakan bahwa Kab. OKI dan Musi Banyuasin adalah penyumbang titik api terbanyak dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Sumsel karena lahan gambut yang luas. Karakteristik ini menyulitkan Tim Satgas dalam memadamkan api karena api cepat menyebar di bawah permukaan lahan gambut.

“Tim sedang berupaya semaksimal mungkin untuk memadamkan api, terutama titik api yang terdapat di Kabupaten OKI dan Musi Banyuasin. Pemadaman api di lahan gambut membutuhkan air yang banyak, penyiraman juga harus sampai ke dalam tanah supaya api bisa padam, kalau hanya sebatas permukaan, api tidak padam dan dapat merambat semakin luas” jelasnya.

Ia juga menambahkan bahwa cuaca dan tiupan angin juga menyebab meluarnya kebakaran.

“Api dapat merambat lebih cepat karena pengaruh cuaca panas dan tiupan angin,” tambahnya.

BPBD Provinsi Sumsel sendiri terus melakukan pemantauan dan penanganan untuk memadamkan api bekerja sama dengan TNI, Polisi, Manggala Agni, Satpol PP, PMK Perusahaan, dan para relawan. Water bombing terus dilakukan untuk menjangkau daerah yang sulit ditempuh melalui jalur darat walaupun persediaan air terbatas.

Saat ini, Kota Palembang terpantau masih diliputi kabut asap kiriman dari kabupaten/kota yang lain. Kasus ISPA paling banyak ditemukan di Kota Palembang dengan jumlah 120.830 kasus  per September 2015 ini. Namun demikian, jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2014 lalu, sebesar 234.885 kasus. (RD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,050PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles