Masyarakat Simalungun Antusias Mengikuti Sosialisasi 4 Pilar oleh MPR RI

MENARAnews, Simalungun (Sumut) – Anggota MPR RI,  Dr. Junimart Girsang melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar bersama masyarakat Hutaimbaru, Kecamatan Pamatangsilimakuta, Kabupaten Simalungun, Jum’at (18/9).

Acara ini berlangsung pada malam hari, alasannya karena penduduk pada siang hari bekerja di ladang.  Sebanyak 150 orang beserta tokoh masyarakat Kecamatan Pamatangsilimakuta di Hutaimbaru hadir dalam kegiatan ini.

Dalam kegitan Sosialisasi ini hadir  Kompol Jesmi Girsang  (Kapolsek Kecamatan Silimakuta) bersama dua staf ahli Junimart, yakni Jan Roi Purba dan Benry Anto Sipayung selaku Sekretaris Pribadi Junimart.

Dalam paparannya, Dr. Junimart Girsang mengingatkan masyarakat betapa pentingnya nasionalisme di tengah derasnya arus globalisasi. Bangsa Indonesia harus tetap memiliki identitas yang jelas dalam dunia yang semakin tanpa tapal batas.

Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika harus menjadi landasan bagi masyarakat dalam bersikap. Krisis identitas, membuat bangsa Indonesia begitu gampang terprovokasi, Contoh kasus Tolikora yang begitu gampang menjadi isu nasional, masyarakat begitu mudah terpancing emosi yang menjurus kepada isu konflik agama.

Sentimen agama menjadi begitu mudah dijadikan instrumen dalam memecah belah persatuan bangsa. Keadaan ini jelas merupakan akibat dari minimnya implementasi nilai-nilai Pancasila ditenga-tengah masyarakat.

Junimart Girsang menegaskan akan kembali memperjuangkan Program P4. Selain P4, GBHN juga menjadi wacana yang dibukakan oleh Junimart Girsang. Beliau berpendapat bahwa tanpa GBHN bangsa ini seolah oleh terombang ambing dalam menentukan arah bangsa.

Penghidupan GBHN menjadi pekerjaan rumah bagi Junimart selaku Anggota MPR yang aktif di Badan Pengkajian Sistem Ketatanegaraan MPR RI.

Junimart Girsang juga menghimbau agar orangtua semakin aktif dalam memperkenalkan lagu lagu kebangsaan seperti Garuda Pancasila dan Padamu Negeri kepada anak anak. Dengan lagu tersebut akan memacu semangat cinta kepada negeri. Dengan mengajarkan lagu-lagu kebangsaan diharapkan orangtua juga semakin menumbuhkan semangat nasionalisme.

Penghujung acara, panitia membagikan buku 4 pilar MPR RI kepada seluruh peserta sosialisasi. (ded)

Comments
Loading...