spot_img

Junimart Girsang Gelar Seminar Penyerapan Aspirasi di USI

MENARAnews, Pematangsiantar (Sumut) – Dr. Junimart Girsang selaku anggota badan Pengkajian MPR RI Fraksi PDIP, menggelar penyerapan aspirasi masyarakat di Universitas Simalungun (USI) Jum’at (18/9).

Dalam acara yang dikemas berupa seminar ini diadakan di Aula Fakultas Hukum USI bekerjasama dengan Dekanat Fakultas Hukum USI.  Adapun tema seminar yang diangkat adalah Implementasi Pancasila, UUD NRI 1945 dan Sistem ketatanegaraan Infonesia.

Dr. Junimart Girsang sebagai salah satu Narasumber didampingi Oleh Wakil Rektor II USI Pasu Malau, SH., MH dengan moderator Jasebel Girsang yang juga salah satu dosen di Fakultas Hukum USI.

Acara Seminar Penyerapan Aspirasi ini dihadiri sekitar 150 Orang Civitas akademika USI baik Mahasiswa dan dosen di Universitas Simalungun.

Dalam Paparannya, Pasu Malau mengkritis sistem ketatanegaraan Indonesia, Antara Parlementer dan Presidensial. perlu pemahaman dan batasan yang jelas dalam menerapkan sistem pemerintahan Indonesia. Diharapkan pemurnian Sistem Presidensial dalam sistem ketatanegaraan Indonesia.

Dr. Junimart Girsang dalam makalahnya mengharapkan nilai-nilai Pancasila semakin ditanamkan dalam kehidupan bermasyarakat. Mahasiswa harus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam era globalisasi ini.

Secara nyata nilai-nilai kebangsaan dan Nasionalisme sudah memudar di dalam kaula muda. Hal ini dapat dilihat ketika forum ditantang menyanyikan lagu padamu negeri dengan tepat  dengan penghayatan dan hanya 1 orang yang berani. Selain itu, DR Junimart Girsang menegaskan bahwa dia akan tetap mengusulkan kepada badan pengkajian MPR RI agar P4 GBHN digalakkan kembali.

Pada sesi diskusi ada juga beberapa hal menarik, yaitu terkait verifikasi berkas pencalonan perseorangan oleh KPU dinilai melanggar asas rahasia dalam proses pemilu. Hal tersebut menjadi satu masukan dari mahasiswa Fakultas Hukum USI. Masukan tersebut akan diserap sebagai aspirasi masyarakat Anggota Badan Pengkajian MPR RI DR dan akan dibahas di komisi II.

Diakhir acara, Dr. Junimart Girsang menyerahkan plakat kepada Rektor USI sebagai simbol penghargaan dan sekaligus foto bersama. (ded)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles