Jokowi Pantau Titik Api di Pulang Pisau

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Kabut asap pekat yang melanda Kalimantan Tengah akhirnya mendapat respon. Kamis (24/9/2015),  Presiden Jokowi beserta rombongan yang sedianya berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, turut memantau titik api yang berada di Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

Turut hadir dalam rombongan tersebut  Menko Polhukam Luhut B. Pandjaitan, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Mendikbud Anis Baswedan, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, dan Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo.

Sesampainya di lokasi kebakaran hutan, Presiden Jokowi langsung meninjau ke dalam hutan yang terbakar  bersama Bupati Pulang Pisau selama kurang lebih 15 menit.

Kemudian dilanjutkan dengan mengajak Menko Polhukam Luhut Panjaitan, Menteri Lingkungan Hutan dan Kehutanan Siti Nurbaya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Jokowi mengatakan jika kabut asap di Pulang Pisau semakin pekat karena memang di kanan kiri hutan semuanya terbakar. Hal itu diperparah dengan kondisi tanah yang merupakan lahan gambut.  

“Kunci dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Kalteng yakni melakukan kanalisasi, ” katanya kepada wartawan.

Untuk itu, lanjutJokowi, dirinya telah memberikan perintah ke BNPB, ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan agar dibuat kanalnya secepat-cepatnya. Adapun nantinya proses pembuatan kanal akan dilakukan oleh personil TNI.

“Ini harus segera dilakukan. Kalau tidak dilakukan secepatnya, maka kejadian yang sama akan terus terulang, ” tuturnya. 

Menurutnya, kanal tersebut akan dipakai untuk mendapatkan air bukan untuk membuang apalagi menyedot air keluar. Pembangunan kanal rencananya akan segera dilakukan pada titik-titik yang sangat rawan kebakaran.

“Ini merupakan rencana  jangka menengah dan untuk program rencana jangka panjang  memang harus direalisasikan. Kita tidak mau setiap tahun bolak balik seperti  ini terus,” tegas Jokowi. (Ferry Wahyudi)

Editor : Raudhatul N.

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles