BKP Sumut Peringati Hari Pangan Sedunia ke-35 dengan Bazar Produk Pertanian

MENARAnews, Medan Ir. Suryono, MM (Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara) membuka acara perayaan hari pangan sedunia ke-35 bertemakan “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan” yang mengacu pada tema HPS dunia yakni “The Social Protection and Agricultur” bazar produk pertanian pukul 09.15-12.00 Wib (30/9).

Dalam sambutannya, Suryono mengatakan dengan kegiatan penyelenggaraan yang bertujuan mempromosikan potensi dan kearifan lokal. Karena selama ini petani dinilai telah diperdayakan, namun hasil produksi belum memberikan jaminan kesejahteraan bagi petani akibat lemahnya hirilisasi hasil pertanian.

Plt Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi pada kesempatam tersebut juga membuka bazar produk pertanian menekankan Sumatera Utara harus mencapai ketahanan pangan yang paten dengan potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Acara tersebut diikuti sejumlah  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) antara lain; Dinas Perkebunan Sumatera, Sub Divre Bulog Sumut, Kementerian Penelitian dan Pengembangan Bagian Pertanian yang mempromosikan segala produk hasil pertanian unggulan yang berasal dari sejumlah daerah di Sumatera Utara seperti Kab. Tanjung Morawa, Kab. Karo, Kab. Batubara, Kab. Serdang Bedagai dan dari beberapa daerah yang lain.

Selain itu, terdapat perlombaan memasak mengolah produk pertanian yang diikuti oleh perwakilan setiap SKPD yang mengikuti bazar, serta perlombaan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumatera Utara yang memiliki program usaha tani yang berkelanjutan dalam mencapai ketahanan pangan.

Comments
Loading...