spot_img

Asap Sebabkan Penderita ISPA 7 Ribu Orang di Pontianak

MENARAnews.com, Pontianak (Kalbar) Sebanyak 7000 jiwa berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang terkena atau menjadi korban Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang ada di Pontianak akibat kabut asap yang terus berlangsung.

Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan periode terparah untuk korban ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) di Kota Pontianak adalah di Bulan Juli hingga September 2015.

“Korban sudah mencapai 7000 jiwa,” ungkapnya kepada usai melaksanakan rapat penanggulangan asap di Bapeda Pontianak, Rabu (30/9/2015). Menurutnya Pemkot Pontianak sendiri telah berupaya melakukan penanggulangan salah satunya dengan membagikan ribuan masker untuk masyarakat sekitar.

“Selain masker kami juga telah mempersiapkan alat-alat kesehatan yang diperlukan selain juga untuk kesiapan SDM serta obat-obatan untuk korban ISPA,” jelasnya. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu Widiyoni menyatakan terhadap kasus penyakit ISPA saat ini Pemkot Pontianak telah melakukan evaluasi harian.

“Untuk kasus di puskesmas diperkirakan bisa meningkat sebanyak 100 persen. Penderita kasus ispa juga banyak diderita oleh anak-anak,” katanya Ia menambahkan untuk kunjungan di puskesmas meningkat dua kali lipat meski belum masuk dalam kategori tanggap darurat. 

“Saat ini status tetap siaga tetapi rumah sakit dan puskesmas sudah diminta menyiapkan logistik dan menghitung ketersediaan obat-obatannya,” pungkasnya. (isf)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles