spot_img

Untuk Masuk di Sekolah Favorit di Medan Harus Bayar Puluha Juta

MENARAnews, Medan (Sumut) – Laporan dari masyarakat bahwa untuk lulus masuk ke sekolah negeri favorit di kota Medan harus menggelontorkan dana hingga puluhan juta rupiah.telah sampai di telinga Komisi E DPRD Sumut.

Komisi E mengatakan bahwa meskipun belum tentu benar, hal ini tidak bias dibiarkan begitu saja.“Soal penerimaan siswa baru. Saat ini muncul isu yang belum tentu kebenarannya tetapi pasarannya untuk sekolah favorit dibandrol antara Rp25 juta hingga Rp30 juta,” kata Ketua Komisi E DPRD Sumut, Efendi Pan­jaitan, Rabu (1/7).

Dia mencontohkan, saat ini PPDB sudah ditetapkan dengan petunjuk teknis seperti nilai UN dengan bobot 60 persen. Ujian 30 persen dan 10 persen asal sekolah. “Peraturan seperti ini harus dijalankan. Nantinya saat pengumuman harus diumumkan secara tranparan karena dilihat dari pembobotan nilai UN menjadi faktor besar. Maka ketika pengumuman yang kalah juga harus diumumkan agar mengetahui berapa nilainya?,” kata­nya.

Selain itu, ada juga faktor yang meresahkan masyarakat yakni ijazah atau nilai UN asli ditahan sehingga siswa tidak bisa mendaftar di tempat lain.

Efendi meminta dalam pengumum­an tersebut harus dijelaskan dengan detail. Misalnya, ada bobot asal seko­lah 10 persen. “Maksud dari 10 per­sen itu harus dijelaskan dengan benar, ke­mudian pembobotan lain juga ada penjelasan sehingga tidak memun­cul hal-hal negatif. Semua dilakukan ha­nya demi peningkatan mutu pendi­dikan,” ujarnya.

Saat ditanya usulan untuk memper­baiki PPDB? Efendi menjelaskan, cara­nya harus dibuat dengan sistem yang sudah ditetapkan pemerintah dan intinya harus transparan. “Jika sudah transparan maka itulah cara dan upaya untuk menutupi adanya dugaan pungli,”katanya.

“Saya minta dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota melaku­kan pengawasan yang ketat bukan ma­lah bermain sehingga pelaksanaan PPDB berjalan dengan baik,” katanya.

Dia berharap orangtua dan sekolah harus bermain fair sehingga ketika kalah tidak ada protes semua karena anaknya tidak mampu.

Soal adanya permainan memang sudah menjadi rahasia umum. Di sejumlah sekolah favorit biaya untuk bisa masuk berkisar Rp10 juta sampai Rp15 juta.

”Saya sudah telepon ke sekolah. Ka­lau Rp10 juta mereka seperti tidak merespon. Biasanya harga Rp15 juta,” ucap narasumber yang enggan disebut­kan namanya dan merahasiakan nama sekolah yang dituju.(GL)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles