spot_img

Tips Aman Berbelanja Online Dengan Kartu Kredit

MENARAnews – Penggunaan kartu kredit untuk transaksi online memberikan kemudahan yang begitu berarti bagi penggunanya sehingga seseorang bisa berbelanja dengan nyaman, namun terkadang kita bisa terbuai dengan  kemudahan tersebut sehingga melupakan dampak berbahaya yang mungkin dapat ditimbulkan oleh kartu kredit, karena kita kurang waspada dalam menggunakannya.

Apalagi dalam beberapa tahun terakhir ini, menurut beberapa  lembaga keamanan internet, kejahatan cyber mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, pengguna kartu kredit harus lebih waspada dalam bertransaksi online. Berikut ini beberapa tips berbelanja online secara aman dengan kartu kredit

  1. Gunakan komputer atau perangkat anda sendiri untuk berbelanja online agar privasi anda dapat terlindungi. Hal ini sebagai langkah untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pencurian data. Install dan kemudian lakukan update security sistem keamanan komputer anda, seperti anti virus dan anti malware agar anda terhindar dari virus/Trojan yang dapat mencuri data pribadi anda. Pastikan situs yang anda akses untuk transaksi online adalah situs yang terpercaya dan memiliki sistem keamanan yang canggih. Untuk mengatasi hal tersebut tanyakan kepada teman anda atau lakukan pencarian di mesin pencari Google atau lainnya, tentang reputasi dari situs belanja tersebut.
  2. Pada saat mengakses situs belanja online, pastikan URL yang anda ketik di browser sesuai dengan situs yang dituju dan pastikan juga bahwa situs tersebut menggunakan protokol 443 (https/ssl) bukan protokol 80 (http). Hal tersebut merupakan standar keamanan bagi situs yang menyediakan transaksi online. Semua hal tersebut, perlu dilakukan karena saat ini banyak situs phising yang menyerupai situs asli, jika anda terjebak maka informasi kartu kredit, username dan password anda dapat diketahui oleh oleh penjahat cyber. Jika ini terjadi, tinggal menunggu waktu saja kartu kredit anda akan memberikan tagihan yang tidak sewajarnya.
  3. Gunakan penyedia jasa kartu kredit yang mempunyai sistem keamanan yang handal.  Biasanya penyedia jasa keuangan tersebut sudah menerapkan standar keamanan yang canggih, sehingga mereka lebih siap dalam melindungi data pengguna. Selain itu, mereka juga menyediakan password atau pin pada kartu kredit untuk memberikan perlindungan tambahan bagi para pengguna kartu kredit.
  4. Pastikan anda menyimpan bukti transaksi online untuk mengatisipasi kemungkinan adanya kesalahan pada tagihan anda di akhir bulan, sehinnga jika ada kemungkina anda menjadi korban kejahatan cyber pada situs yang anda gunakan, maka dapat dengan cepat anda melakukan konfirmasi kepada situs tersebut untuk dilakukan langkah-langkah antisipasi.
  5. Terakhir, bekali wawasan anda dengan konsept internet security, agar anda selalu waspada dalam melakukan belanja online. (AD)

 {googleads}

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,039PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles