Rakyat Iran Sambut Gembira Kesepakatan Nuklir

MENARAnews, Teheran – Tercapainya kesepakatan nuklir Iran dengan enam negara adidaya disambut gegap gempita oleh warga Iran. Mereka merayakannya dengan turun ke jalan-jalan ibukota sambil menari-nari kegirangan

Seperti yang diberitakan oleh Reuters, sekelompok pemuda dan pemudi Iran serta ribuan warga lainnya merayakan kesepakatan bersejarah tersebut dengan memenuhi jalan-jalan dan tempat-tempat umum di ibukota.

Dalam merayakan hari bersejarah itu, para warga Iran mengendari mobil dan menyalakan suara musik dengan suara yang cukup keras. Sementara pemuda-pemudi Iran meniupkan alat musik bergaya Afrika yang disebut dengan vuvuzela di sepanjang jalan ibukota.

Mereka sepertinya sangat gembira dengan keputusan di Wina tersebut. “Ini adalah langkah awal bagi warga Iran untuk berteman dengan orang-orang di negara lainnya”, ujar salah seorang ibu rumah tangga yang tinggal di distrik Ishafan, Bahar Ghorbani seperti yang dikutip oleh Reuters.

Ia juga menambahkan bahwa kesepakatan ini adalah bagaikan sebuah akhir dari tirani yang selama ini membelenggu Iran.

Kegembiraan warga Iran tersebut sangat beralasan, pasalnya dengan adanya kesepakatan itu berbagai sanksi ekonomi internasional yang selama ini menjerat Iran, secara otomatis akan dicabut. Kondisi ini memberikan potensi yang besar bagi perekonomian Iran untuk berkembang.

Tidak hanya warga Iran yang menyambut gembira keputusan tersebut, dunia pun menilai bahwa kesepakatan tersebut tersebut merupakan lembaran baru untuk menciptakan perdamaian dunia yang lebih baik. (AD)

 

Comments
Loading...