Permudah Mudik Anda Dengan Bantuan Google

MENARAnews, Jakarta – Mudik yang merupakan bagian dari tradisi masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri, kini tampaknya akan berjalan lebih mudah. Raksasa internet Google menyediakan beberapa aplikasi yang memiliki fitur yang dapat membantu pemudik menjalankan aktivitas mudiknya.

Berikut ini beberapa fitur dari aplikasi Google yang dapat digunakan untuk membantu perjalanan mudik anda

1.   Informasi kemacetan lalu lintas pada Google Maps

Beberapa waktu lalu, Google menambahkan fitur pada Google Maps yang dapat digunakan untuk memantau kemacetan lalu lintas. Dengan adanya fitur ini, pemudik bisa memperoleh informasi jalan raya secara real time di 19 kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bandar Lampung, Padang, Medan, Banda Aceh, Denpasar, dan Makassar.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, aktifkan layer traffic di Google Maps.  Berikutnya masukkan rute yang dituju. Anda akan melihat perbedaan kondisi jalan yang ditandai dengan berbagai warna. Hijau berarti lancar, oranye menandakan padat, sedangkan merah menunjukkan kemacetan.

2. Fitur “Ok Google”

Google menambahkan fitur perintah suara “Ok Google”. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, pengguna terlebih dahulu harus memiliki Google App. Cara menggunakannya adalah dengan menyentuh logo mikrofon kemudian kemudian aktifkan perintah suara “Ok Google”.Fitur ini sangat membantu perjalanan mudik anda, misalnya jika anda merasa kelelahan pada saat perjalanan dan ingin menginap di hotel, anda cukup mengatakan “Ok Google, cari hotel dekat sini”. Secara otomatis Google akan mencari informasi hotel yang dekat dengan lokasi anda

3.  Mengingatkan jadwal pesawat dengan Google Card

Fitur lain yang tidak kalah membantu perjalanan mudik anda adalah Google Now Card. Fitur ini membantu pengguna untuk mengingatkan jadwal pesawat yang telah dibooking. (AD)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!