Pemudik ke Pekanbaru Meningkat

MENARAnews,  Medan (Sumut) – Jumlah pemudik menuju Pekanbaru meningkat hingga 125 persen menjelang H-3 lebaran,  pemudik telihat menumpuk di salah satu stasiun bus umum disekitar Terminal Amplas,  Medan, Selasa (14/7).

Pemudik yang kebanyakan menuju Kota Pekanbaru harus mengantri lama untuk mendapatkan tiket.  Beberapa penumpang sudah jauh-jauh hari memesan tiket guna menghindari antrian panjang calon penumpang.

Dari pantauan wartawan, terlihat antrian bus yang akan berangkat menuju kota tujuan seperi Duri, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu dan Jambi.

Saat ditanyai Petugas lapangan CV.  Makmur,  L.  Pasaribu,  mengatakan, peningkatan penumpang sudah mulai terasa sejak H-7. Pada hari biasa,  jumlah bus yang berangkat ke Pekanbaru hanya sekitar delapan hingga sepuluh bus.  Menjelang lebaran,  pihak bus menambah jumlah armada hingga 25 bus perharinya. 

”Kita tambah armada hingga sepuluh sampai limabelas bus untuk mengangkut penumpang, ” ujarnya.

Pasaribu juga mengatakan bahwa estimasi perjalanan pada hari biasa hanya membutuhkan waktu sekitar 16 jam ke Pekanbaru, namun karena padatnya jalanan diperkirakan menghabiskan waktu hingga 20 jam.

Arifin salah seorang penumpang yang akan mudik ke Kota Duri bersama keluarganya,  mengatakan bahwa sudah memesan tiket sejak minggu sore. 

“Saya sudah pesan tiket sejak minggu sore kemarin,  takutnya antri panjang,  jadinya anak dan istri saya bosan menunggu seperti tahun lalu, ” ujarnya.

Pasaribu mengungkapkan bahwa jumlah penumpang lebaran tahun ini meningkat sekitar 12,5 persen dari tahun lalu,  dilihat dari angka pembelian tiket sejak 8 Juli kemarin.  (ded) 

Comments
Loading...