spot_img

Masjid Agung Medan, Lebaran Kapanpun Kita Sudah Siap

MENARAnews, Medan (Sumut) – Mesjid Agung Medan masih menunggu hasil  keputusan pemerintah dalam penetapan Idul Fitri 1436H. Keputusan dari pemerintag sekaligus untuk penetapan pelaksanaan shalat idul fitri.

Pernyataan ini disampaikan oleh sekretaris kenaziran Mesjid Agung Medan, Haji Abdul Hakim saat ditemui di ruang kenaziran siang tadi. Dirinya mengatakan, karena sampai saat ini pemerintah belum mengeluarkan keputusan guna menetapkan tanggal untuk 1 syawal nanti maka pihaknya masih menunggu kabar tersebut guna melaksanakan shalat idul fitri untuk tahun ini.

Kendati demikian pihaknya telah merampungkan persiapan yang sudah hampir final untuk pelaksanaan shalat Ied, sehingga antara tanggal 17 atau 18 pemerintah menetapkan lebaran Idul Fitri Badan Kenaziran Mesjid Agung siap untuk pelaksanaan shalat sesuai keputusan nantinya.

Persiapan yang dilakukan BKM adalah seperti  mulai memperbanyak naskah ceramah yang akan disampaikan pada shalat Ied tahun ini. Nantinya yang akan memimpin Shalat Ied dan khatib akan dipimpin oleh Profesor Doktor Haji Hasan Bakti MA. Beliau sudah mengkonfirmasi ke Pihak BKM bahwa beliau siap untuk memberi ceramah kapanpun lebaran idul fitri akan ditetapkan oleh pemerintah.

 

Abdul hakim menambahkan, dalam pelaksanaan Shalat Ied Mesjid Agung mampu menampung hingga tiga ribu Jamaah. Jumlah tersebut belum termasuk dengan pelataran parkir yang juga akan digunakan untuk menambah tempat bagi para jamaah yang akan shalat.”sampai ke parkiran dan kejalan raya jamaahnya, makanya itulah yang jadi alasan kuat untuk menambah kapasitas Madjid ini”, katanya.

 

Lain hal Abdul Hakim menjelaskan bahwa selama Ramadhan berlangsung dan ketika aktivitas buka puasa dan sahur bersama di mesjid agung medan, pihaknya sama sekali tidak pernah menggunakan uang dari hasil infaq yang didapat dari jamaah. Untuk jatah berbuka dan sahur didapat dari bantuan khusus yang diberikan untuk berbuka dan sahur tersebut, sehingga uang infaq yang ada tidak dipakai sama sekali. Uang Infaq akan difokuskan ke kebutuhan Mesjid

 

Dari data yang dihimpun dilokasi, pada tahun ini Mesjid Agung mengalami peningkatan Jamaah yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya. Sehingga Mesjid yang rerletak tepat di samping Kantor Gubernur Sumatra utara ini tampak lebih semarak karena ramai.

 

Sebagai informasi, Mesjid Agung juga sudah membuka posko untuk pembayaran Zakat Fitrah. Nantinya Zakat yang diterima akan disalurkan kepada orang yang memnutuhkan.(yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,041PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles