Jelang Lebaran, Masyarakat Kerumuni Mobil Penukar Uang

MENARAnews, Medan (Sumut) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tahun ini Bank Indonesia menyediakan jasa penukaran uang melalui mobil penukar uang oleh unit Bank yang ada di Kota Medan khususnya di Lapangan Merdeka, Jum’at (3/7).

Dari pantauan MENARAnews, masyarakat sangat antusias menukarkan uang menjadi pecahan Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000. Terdapat tujuh unit mobil penyedia jasa penukaran yaitu dari BNI, Mandiri, BRI, BII, Bank Muamalat, CIMB Niaga dan Bank Danamon.

Dari informasi yang dihimpun dari Fery, salah seorang pegawai Bank Indonesia yang bertugas sebagai koordinator di Lapangan Merdeka mengatakan bahwa tahun ini BI menyediakan uang pecahan sebanyak 4,2 T.

“Ini menjadi kegiatan rutin BI setiap tahunnya, mengingat banyak masyarakat yang membutuhkan uang pecahan yang mungkin dibutuhkan untuk berbagai keperluan di hari lebaran nanti,” ujarnya.

BI juga membatasi penukaran setiap orangnya hanya bisa menukarkan sampai limit 3,7 juta satu harinya, dan satu unit mobil melayani maksimal 100 nasabah setiap harinya.

Levi, salah seorang petugas penukar uang dari BRI mengatakan pada wartawan bahwa pihaknya mengeluarkan setidakya 300 juta uang pecahan setiap harinya.

“Kita menyediakan sampai 350 juta dalam satu hari, dan yang ditukarkan bisa sampai 300 juta. Paling banyak sih uang pecahan 2000 dan 5000 rupiah,”ungkapnya.

Zulkifli, warga Kecamatan Medan Petisah sangat terbantu dengan adanya mobil penukar uang tersebut, menurutnya dia bisa dengan mudah menukar uang dan mendapatkan uang baru untuk keperluan lebaran nanti.

“Lebih dimudahkan lah, uang nya juga yang baru dikasih, nanti saya pakai buat saya berikan pada keponakan dan saudara di kampung pas lebaran,” ucap pria yang bekerja di salah satu took di Pasar Ikan tersebut.

Masyarakat yang hendak menukar uang harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu agar tidak rebutan saat hendak menukarkan uangnya. Mobil penukar ini akan hadir sampai tanggal 14 Juli dan buka mulai pukul 08.00 WIB sampai 12.00 WIB. (ded)

Comments
Loading...