Jelang Idul Fitri Stok Daging Aman

 

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dengan banyaknya permintaan masyarakat akan daging sapi membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltengmembuat starategi untuk memenuhi kebutuhan pasar, melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), menjamin ketersediaan daging sapi dan daging ayam aman sampai menjelang Lebaran.

“Kita jamin untuk stok daging ayam dan sapi ini aman sampai dengan hari raya nantinya,” kata Candra Rahmawan KabidKesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner(Kesmavet) Distanak Kalteng, Jumat (10/7/2015).

Sekitar 1300 ekor sapi yang sudah tersedia, di tahun ini diharapkan tidak akan lagi kekurangan, dan untuk lebaran juga tingkat konsumsi masyarakat, tidak begitu tinggi dibandingkan hari raya kurban. “Dengan tersedianya 1.300 ekor sapi ini dan ayam 10.000 perharinya kita harapkan lebih dari cukup, karena pengalaman dari tahun lalu banyak yang pulang kampung jadinya tidak terlalu banyak konsumsi,”pungkasnya.

Dalam kesempatan itu dirinya juga menjelaskan untuk lebaran ini, sapisapi ataupun sudah berupa daging akan dilakukan pemeriksaan kesehatan, guna mencegah banyaknya penyakit, bakteri ataupun virus di daging. “Kita selalu lakukan pengecekanuntuk daging memang masih banyak didapati bakteri ecoli dan salmonella, tapi pastikan waktu memasaknya supaya aman,” ujarnya.

Sementara itu, H. Helmi selaku Kepala Dinas Peternakan Kota Palangka Raya, mengatakan untuk ketersediaan daging untuk Kota Palangka Raya cukup, seperti datahun sebelum-sebelumnya semua aman. “Cukup untuk stok kita, karena kita telah punya strategi untuk mengatasinya,” ucap H. Helmi, saat ditemui di ruangannya, Jumat(10/7).

Suharni selaku distributor daging sapi lokal mengatakan bahwapersediaannya sampai seminggu kedepan aman, baik itu daging dari dalam kota maupun luar kota.

Dalam sehari biasanya bisa memotong daging sekitar 5 sampai 7 ekor untuk memenuhi stok daging di kota Palangka Raya, semua dagingnya berasal dari dalam kota walapun ada juga yang berasal dari Banjarmasin.(AF)

Editor: Raudhatul

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,036PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles