Jalur Pantura Kini Tak Lagi Jadi Idola Pemudik

MENARAnews, Jakarta – Ada yang berbeda dari mudik tahun ini, jalur pantura yang biasanya tiap tahun selalu dipadati oleh kendaraan menjelang lebaran, kini jalur tersebut sudah tak lagi diminati oleh para pemudik.

Dari pantauan MENARAnews, arus lalu lintas di jalur pantura menjelang lebaran terlihat cukup sepi. Hampir tidak ada kepadatan kendaraan di jalur tersebut.

Sejak pemerintah Jokowi meresmikan tol Cikopo-Cipali, pemudik kini memiliki jalur primadona baru untuk mengantarkan mereka ke kampung halaman. Alasan para pemudik lebih mengidolakan jalan bebas hambatan tersebut terbilang sangat wajar, yaitu

Tol Cipali merupakan jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia. Tol ini melintasi beberapa wilayah kabupaten di Jawa Barat yaitu Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, Cirebon.

Perbedaan jarak tempuh yang cukup signifikan antara tol Cipali dengan jalur Pantura. Dengan melewati tol Cipali, pemudik hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 – 2 jam untuk tiba di Palimanan (Jarakt tempuh 116 Km). Sedangkan jika menggunakan jalur Pantura, akan membutuhkan waktu sekitar 5 jam dengan jarak tempuh 160 Km. Apalagi kalau macet, waktu yang dibutuhkan mungkin bisa lebih dari 5 jam

Selain itu, pembangunan jalan tol Cipali yang menggunakan teknologi modern membuat jalan tol tersebut begitu mulus.

Hal ini lah yang mungkin menjadi pemicu para pemudik untuk lebih memilih tol Cipali daripada jalur Pantura.

Menurut keterangan yang disampaikan Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Aryanto, kendaraan yang melintasi tol Cipali terus mengalami peningkatan. Hingga H-5 mencapai 124.065.

Ia memperkirakan, volume kendaraan yang melintas akan terus naik jelang puncak arus mudik yaitu pada h-2 lebaran. (AD)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,034PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles