spot_img

Hati-Hati, “Kejahatan Siber” Mulai Muncul di WhatsApp

MENARAnews, Jakarta – Pengguna aplikasi WhatsApp tampaknya harus lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi chatting ini, pasalnya dalam dua hari terakhir ini muncul sebuah postingan di WhatsApp yang berbunyi “Have you heared about Apple’s 1000th store? They are giving 1000 iPhone 6 for free for the grand opening. You can check it here: http://m.bbcmobilenews.com/applein/free-iphone6 . The offer it’s still available”.

Jika diterjemahkan, pesan tersebut berbunyi seperti ini,  Apple memberikan 1000 iPhone 6 gratis dalam pembukaan Apple Storenya dan penerima pesan diminta untuk mengklik tautan yang diberikan.

Seperti yang dilansir oleh Vaksin.com melalui siaran persnya, tautan yang ada dalam pesan tersebut jika diklik dari komputer desktop akan diarahkan ke halaman Google Rumania, https://www.google.ro/. Namun jika tautan tersebut diklik dari smartphone, akses akan diarahkan pada sebuah situs yang membuat korbannya ngiler karena menawarkan Iphone gratis dengan hanya mengikuti survei yang ditawarkan oleh situs tersebut.

Hebatnya lagi, tampilan situs kelihatannya sudah di desain untuk menyesuaikan isinya dengan profil pengaksesnya dimana jika pengaksesnya dari Indonesia maka bahasa yang ditampilkan adalah Bahasa Indonesia dengan situs yang dipersiapkan bernama bbc.livenewsindonesia.com. Sebagai catatan, jika diakses dari komputer biasa, maka situs yang akan ditampilkan adalah bbcmobilenews.com

Adapun informasi yang diberikan pada situs tersebut cukup meyakinkan dan berbunyi :

Apple sedang membuka toko baru!  Tim Cook: “1.000 penduduk negara Indonesia bisa mendapatkan satu iPhone 6 gratis”
Kayleigh Bateman
 
Jika Anda tinggal di Indonesia dan menginginkan iPhone 6 yang benar-benar baru, maka ini mungkin merupakan artikel yang paling menarik yang pernah Anda baca. Inilah yang terjadi: Apple Inc (NASDAQ: AAPL)sedang membagi-bagikan iPhone 6 64 GByang baru kepada penduduk negara tersebut secara gratis. Ya, yang Anda baca memang benar – GRATIS.
“Dalam rangka pembukaan toko baru di Indonesia, kami memutuskan untuk membagi-bagikan 1.000 buah iPhone 6. Mengapa 1.000 buah? Dan mengapa kami memutuskan untuk membagi-bagikan iPhone 6 yang baru? Jika Anda belum tahu, toko ini akan menjadi Toko Apple yang ke-1.000 di seluruh dunia.”- Tim Cook, CEO Apple
Agar dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan satu buah iPhone 6 gratis, Anda hanya perlu menjawab 3 pertanyaan sederhana tentang Apple Inc. Jika Anda menjawab dengan benar, Anda akan diarahkan untuk mengirimkan perincian alamat pengiriman Anda.

Jadi hanya dengan menjawab 3 pertanyaan mudah, pengakses situs dijanjikan akan mendapatkan iPhone 6. Sebelum 3 pertanyaan tersebut muncul, korbannya sudah dibuat merem melek membayangkan iPhone 6 karena muncul tampilan seperti gambar 4 yang memberikan ucapan selamat sebagai pengguna yang beruntun.

Berdasarkan rilisan pers Vaksin.com, munculnya pesan dengan iming-iming Iphone 6 tersebut memang bukan ancaman yang terlalu tinggi jika dibandingkan denga Malware. Namun demikian, melihat mulai diincarnya messenger Whatsapp untuk menyebarkan informasi dan tautan ekternal, mengindikasikan bahwa kriminal sudah memperhitungkan messenger sebagai sarana menyebarkan diri. Dengan rekayasa yang tepat, trik ini bisa digunakan untuk mengarahkan korbannya ke situs phishing guna melakukan pencurian kredensial, eksploitasi celah keamanan dan instalasi malware. Dan kali ini sasaran utamanya bukan PC, melainkan smartphone yang notabene merupakan populasi perangkat pintar terbanyak di muka bumi ini. (AD)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles