spot_img

Hati-hati Jangan Sembarangan Makan Jamur

MENARAnews, Health – Jangan sembarangan memakan jamur yang tumbuh liar. Tak semua jamur aman dikosumsi manusia. Akibat makan jamur yang ditemukan di sebuah taman, seorang wanita di Kanada mengalami gagal hati. Ia membutuhkan transplantasi hati karena konsumsi jamur beracun tersebut.

“Keracunan jamur bisa berakibat fatal,” kata dokter Corey M. Stein dari University of Toronto.

Mulanya, wanita itu mengeluh perutnya sangat sakit, mual, muntah, dan diare setelah sekitar 12 jam makan jamur. Kondisinya terus memburuk dan ia pun dirawat di rumah sakit. Menurut dokter, wanita berusia 52 tahun  tersebut mengalami gagal hati dan harus segera mendapat transplantasi hati sebelum penyakitnya memburuk.

Wanita itu kemudian membawa sampel jamur yang dia makan ke rumah sakit. Setelah diteliti, jamur yang dimakan wanita itu adalah Amanita bisporigera, yakni jenis jamur beracun yang dapat merusak sel-sel hati.

Peneliti mengungkapkan, bentuk jamur beracun yang ditemukan sering kali mirip dengan jamur yang biasanya aman untuk dikosumsi. Hal ini membuat beberapa orang mengira jamur yang yang ditemukan tumbuh liar juga aman dikosumsi.

Mereka yang kosumsi jamur beracun biasanya mengalami tiga fase gejala keracunan. Pertama, muncul gejala setelah 6 jam makan jamur, seperti mual, sakit perut, muntah, dan diare. Kedua, kondisi tubuh terasa membaik. Ketiga, pasien mengalami gagal hati setelah sekitar dua hari makan jamur beracun tersebut.

Menurut peneliti, keracunan jamur juga bisa merusak organ dalam tubuh lainnya dan menyebabkan kematian jika tidak ditangani dengan baik.(GL)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles