Harga Bahan Pokok Alami Kenaikan di H-5 Idul Fitri

MENARAnews, Medan (Sumut) – H-13 menuju lebaran penjualan bahan pokok di pasar sukaramai medan mengalami penurunan. Hal ini disampaikan oleh Dorlan, salah seorang pedagang bahan pokok di pasar sukaramai Medan,Sabtu,(3/7).

Dorlan mengatakan dari 3 hari setelah bulan ramadhan hingga saat ini penjualan bahan pokok menurun dari biasanya kondisi ini dikarenakan pada hari sebelum ramadhan dan 3 hari setelahnya harga bahan pokok mengalam kenaikan secara signifikan hingga mencapai kenaikan 100 persen.

Kenaikan harga bahan pokok memicu banyak pembeli atau masyarakat enggan belanja lebih banyak dari biasanya. Hal ini berujung pada menurun nya pendapatan para pedagang bahan pokok disini.

“Pas naik harga, pasti berkurang pendapatan kami”, ujar Dorlan.

Saat ini harga bahan pokok sudah mengalami penurunan saat beberapa hari setelah bulan ramadhan dimulai.

Harga bahan pokok yang mengalami penurunan seperti cabai yang awalnya sampai 50 ribu kini menjadi 24 ribuan, tomat 14 ribu menjadi 7 ribu rupiah kemudian bawang merah dari 30 puluh ribu rupia per kilonya kini menjadi 20 ribu rupiah. Namun untuk beberapa jenis sayuran lain seperti Kol mengalami kenaikan yang awalnya 4 ribuan menjadi 6 ribu rupiah per kilogram

Dorlan yang sudah berjualan selama 15 tahun di pasar Sukaramai menambahkan bahwa untuk pasokan bahan pokok dari pemerintah tidak mengalami kesulitan karena stok yang sudah mencukupi.

Berdasarkan pengalaman dari tahun tahun sebelumnyai diperkirakan H minus 5 lebaran harga bahan pokok akan kembali mengalami kenaikan. Kendati demikian dirinya meminta pemerintah untuk mengawasi dan menjaga harga bahan pokok untuk tetap normal. Karena jika tidak, dirinya dan pedagang yang lain akan semakin sulit untuk menjual bahan pokok dagangan nya.

“Mudah-mudahan harganya turun ajah lah,biar lebih terjangkau”, tandasnya. (yug) 

Comments
Loading...