Waktu Semakin Dekat, Jalur Perseorangan Belum Mendaftar

MENARAnews, Sampit (Kalteng) – Hingga saat ini belum ada Bakal Calon (Balon) Bupati Kotim jalur perseorangan mendaftar ke KPU. Padahal waktu yang tersisa tinggal beberapa hari lagi.

“Saat ini tinggal membenahi beberapa persyaratan saja, seperti persyaratan KTP mungkin sudah hampir terkumpul,” ujar Muhammad Arsyad, yang digadang sebagai Balon perseorangan, Senin (8/6/2015).

Berdasarkan keterangan KPU Kotim,  penyerahan bukti dukungan Balon perseorangan berupa surat pernyataan dan Potokopi KTP, mulai 11 hingga 15 Juni, kemudian dilanjutkan tahapan verifikasi faktual di lapangan.

Namun, Arsyad yang juga wartawan senior di Kotim ini  merasa optmistis dengan jalur  perseorangan yang sudah dipilihnya tersebut. Dia mengakui jika ada sejumlah partai politik yang merapat untuk berkoalisi. Namun tidak menutup kemungkinan didampingi politikus dari parpol tersebut.

“Untuk wakil saya rahasiakan dulu, nanti akan kita sampaikan kepada public. Sementara tim suksespun sudah mendukung penuh dan terus bergerak,“ ujar Arsyad.

Dari data yang dirilis KPU, jumlah penduduk Kotim dalam DAK2 sebanyak 403.684 jiwa. Jumlah ini menjadi acuan KPU Kotim dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan jumlah penduduk, di antaranya dalam menentukan jumlah bukti dukungan yang harus diserahkan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur independen.

Sesuai aturan, maka dukungan yang harus dikumpulkan calon Arsyad ini  8,5 persen dari jumlah penduduk Kotim, berarti 34.000 lebih dan tersebar minimal di sembilan kecamatan. Berapa pun tumpukan bukti dukungannya, harus disetor ke KPU.

“Nanti diawasi oleh Panwas serta diverifikasi faktual oleh PPS untuk mengecek ke lapangan,” jelas Sahlin saat launching

Sahlin juga berharap kerjasama dengan kepala desa bisa terjalin untuk menverifikasi data tersebut .  Pasalnya mereka akan mengecek satu persatu kepada KTP yang sudah diajukan jalur perseorangan itu.

“Sesuai KTP yang diserahkan kama kami datangi satu per satu melalui PPS, “ujarnya

Pendaftaran pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringn Timur dilaksanakan pada 26 hingga 28 Juli. Secara umum, syarat pendaftaran calon dari perseorangan dan calon dari partai politik, hampir sama yakni sebanyak 21 persyaratan. (Kontributor Kotim)

Editor: Raudhatul

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles