spot_img

Tidak Ada Calon Independen yang Mendaftar untuk Pilkada Medan

MENARAnews, Medan (Sumut) – KPU Kota Medan secara resmi telah menutup pendaftaaran calon walikota dan wakil wali kota Medan dari jalur perseorangan atau jalur Independen, Senin (15/6) sore.

Pilkada serentak Kota Medan yang akan digelar 9 Desember mendatang, merupakan momen yang ditunggu untuk memilih siapa yang akan menjadi pemimpin Medan untuk lima tahun mendatang. KPU sebagai penyelenggara sudah membuka pendaftaran untuk calon Independen. Namun sampai hari terakhir pada tanggal 15 Juni, tidak ada satupun calon Independen yang mendaftar.

“Pukul 16.00WIB adalah waktu terakhir proses penyerahan berkas-berkas dukungan”, ujar Pandapotan Tamba selaku komisioner KPU dalam konferensi pers. Ia juga menegaskan bahwa tidak akan ada penambahan waktu untuk pendaftaran calon Independen sesuai dengan PKPU No.02 tahun 2015.

Terkait penutupan, pendukung pasangan calon walikota Usman Jabrik dan Edhi Sugandi datang ke KPU.

“Tadi juga datang tim dari Usman Jabrik, tapi itu adalah menyampaikan surat masuk yang menyatakan beliau tidak  turut serta atau tidak ikut mendaftar dari calon perseorangan”, katanya.

Tamba menambahkan bahwa, beratnya syarat dukungan yang mencapai angka 160 ribu, menjadi salah satu penyebab tidak adanya calon perseorangan yang mendaftar ke KPU.

“Susahnya upaya pengumpulan dukungan berupa banyaknya hampir 160.367 dukungan, ini cukup berat dari pasangan calon untuk mengumpulkan dukungan berupa KTP dan identitas lainnya”, jelasnya.

Batas waktu pendaftaran dibuka sampai dengan penutupan juga menjadi kendala yang cukup berat bagi pasangan calon yang aan mendaftar. Sesuai dengan PKPU No. 8 tahun 2015 sehingga hal ini yang menjadi alasan dari calon Independen tidak berminat dari calon perseorangan.

Selain tim dari Usman Jabrik yang sudah mengambil formulir pendaftaran, tim dari Anggiat Siahaan juga mengambil formulir pendaftaran. Namun Anggiat menyampaikan dengan banyaknya dukungan sebagai syarat, Anggiat tidak jadi ikut dalam Pilkada Medan Desember mendatang.

KPU kota Medan nantinya akan membuka pendaftaran untuk calon dari Partai politik dari tanggal 26 Juli sampai 28 Juli 2015. Tamba menghimbau kepada calon dari parpol untuk memenuhi semua persyaratan pendaftaran.

Untuk diketahui KPU akan melakukan launching maskot Pilkada kota Medan tanggal 16 juni 2015 di lapangan Merdeka Medan. (yug)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles