Tak Cocok Dengan Karakter Bima, Kapolresta Bima Dicopot

MENARAnews, Kota Bima (NTB) – Lebih kurang delapan bulan, AKBP Andry Syahril S.Ik MH menjabat sebagai Kapolres Bima Kota. Namun awal Juni 2015 ini, Andry dicopot dari jabatannya karena dinilai tidak cocok dengan karakter masyarakat Bima. 

Kapolda NTB Brigjen Pol Drs. Srijono M.Si yang ditemui disela acara Wisata Nurani di Paruga Na’e Kota Bima, Senin (8/6) kemarin mengaku, benar adanya Andry Syahril telah diganti dengan pejabat yang baru berasal dari kalangan satuan Brimob Mabes Polri AKBP Ahmad Nurman Ismail, S.Ik. Sedangkan Andri Syahril ditempatkan di Sumatera Barat.

“TR nya sudah keluar, dia akan dinas di Polda Sumatra Barat. Saya juga akan bertugas di Mabes Polri “ujarnya.

Ketika ditanya adakah keterkaitan pencopotan ini dengan kasus penyerangan yang dilakukan anggota Brimob Bima, dan kebakaran Mpolresta, Srijono enggan berkomentar banyak. Hanya saja dia menegaskan bahwa ditariknya Andry Syahril berdasarkan dari rangkuman persoalan yang terjadi di wilayah hukum Polres Bima Kota selama ini.

Selain itu, dipindahkannya Syahril karena tidak cocok dengan karakter masyarakat Kota dan kabupaten Bima. Meskipun Polresta dipimpin oleh orang yang bisa menyesuaikan diri dan dapat membaca kondisi Daerah.

“Bima ini harus dipimpin oleh orang yang memiliki sifat elegan dan dekat dengan semua kalangan,”ungkapnya.

Jadi, lanjut pria pelopor NRC Wisata Nurani ini, seorang Kapolres itu tidak saja melihat kemampuannya memimpin anak buah. Tetapi dapat lebih dekat dengan semua lini. Bima ini adalah daerah Islamiah. Kedamaian sangat diperlukan.  

“Selama ini, banyak keluhan yang menjadi laporan masyarakat. Itu juga yang menjadi bahan pertimbangan saya selaku Kapolda NTB,”jelasnya.

Adapun serangkaian peristiwa besar saat kepemimpinan Andri Syahril yang dinilai masyarakat Bima sebagai ketidakmampuan memimpin Polresta Bima. Pertama, perang kampung antara Kelurahan Dara dan Tanjung yang berujung pada pembakaran pos polisi.

Kemudian, puncaknya adalah penyerangan Mapolresta Bima oleh anggota Brimob Bima. Serta kebakaran Mapolresta Bima. (ac/sw)

Comments
Loading...