Sambut Idul Fitri, BI Papua Beri Layanan Kas Keliling

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai dalam bulan Ramadhan  dan Idul Fitri 2015, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua telah mempersiapkan persediaan uang sebesar Rp.2,26 triliun yang terdiri dari berbagai jenis pecahan. Persediaan uang tersebut jauh lebih tinggi dari persediaan tahun sebelumnya (2014) sebesar Rp1,03 triliun.

“Jumlah uang yang disalurkan kepada masyarakat pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2015 mencapai Rp.558,76 Miliar,  dari jumlah tersebut, sebesar Rp.43,92 miliar untuk memenuhi kebutuhan uang di Kota Jayapura dan Rp. 514,84 miliar untuk suplai kebutuhan uang pada Layanan Kas Titipan Bank Indonesia di Sorong, Timika, Biak dan Merauke.

Pada Layanan Kas Titipan di empat kota tersebut, Bank Indonesia menitipkan uang kartal layak edar dalam jumlah tertentu kepada salah satu Bank Umum untuk kemudian dapat digunakan dalam memenuhi kebutuhan uang dari bank-bank yang berada di daerah tersebut dan sekitarnya,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua  Hasiholan Siahaan, Senin (22/6).

Selain Layanan Kas Titipan, selama ini Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua juga melakukan Layanan Kas Keliling kepada masyarakat. Jika biasanya Layanan Kas Keliling di Jayapura dilakukan setiap hari: Senin pukul 11.00 – 13.00 WIT di Mega Supermarket & Departemen Store, Abepura, Rabu pukul 10.00 – 12.00 WIT di halaman parkir Gelael, Jayapura, dan Senin pukul 11.00 – 13.00 WIT di Mega Supermarket & Departemen Store, Waena. Maka selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2015 ini, Layanan Kas Keliling ditambah, yaitu setiap Selasa pukul 10.00 – 12.00 WIT di Komplek Ruko Pasifik Permai, Jayapura.

“Penambahan Layanan Kas Keliling diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat untuk melakukan penukaran uang,” ujarnya.

Dikatakan, melalui mobil kas keliling BI, masyarakat dapat menukarkan uang yang meliputi penukaran uang layak edar atau uang tidak layak edar (lusuh / cacat / rusak) dengan uang yang masih layak edar dalam pecahan yang sama atau pecahan lain, serta penukaran uang yang telah dicabut dan ditarik dari peredaran yang masih berlaku masa penukarannya. Tidak hanya di Jayapura, Layanan Kas Keliling kepada masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri tahun 2015 ini juga ditingkatkan guna menjangkau daerah-daerah lain seperti Sentani (termasuk bandara), Depapre, Genyem, Nimbokran, Keerom dan Koya. Layanan Kas Keliling juga akan berada di: Bandara Sentani pada tanggal 25 Juni 2015; Kantor Kepolisian Daerah (Polda) Papua pada tanggal 30 Juni 2015; dan Komplek Perkantoran Gubernur Papua pada tanggal 7 Juli 2015.

Bank Indonesia senantiasa berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat, baik dalam nominal yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar (clean money policy).

Kepada masyarakat, kami juga menghimbau agar tidak menyimpan uang tunai secara berlebihan ditunai, namun tariklah uang tunai sesuai dengan kebutuhan karena persediaan uang saat ini sudah cukup tersedia. (Surya)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,031PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles