spot_img

Ruhut Sosialisasikan Empat Pilar di Medan

MENARAnews, Medan (Sumut)Ruhut Poltak Sitompul, Anggota DPR RI Komisi III Fraksi Partai Demokrat memberikan ceramah sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Ballroom Hotel Grand Impression, Setia Budi, Medan (13/6/2015).

Sosialisasi kali ini diramaikan oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara dan beberapa mahasiswa dari Unsri dan Unand yang sedang magang di Medan. Tahan Panggabean, mantan anggota DPRD Provsu berperan sebagai moderator mengarahkan jalannya diskusi.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan merupakan agenda rutin setiap anggota DPR untuk memberikan pemahaman mengenai kebangsaan kepada masyarakat. Setiap anggota dewan akan mensosialisasikannya ke daerah pemilihannya masing-masing. Ruhut sebagai anggota dewan yang terpilih dua periode ini dari Dapil I Sumut memilih Medan untuk sesi kali ini.

Adapun topik yang dibahas dalam diskusi tersebut untuk mempertajam pemahaman masyarakat akan pentingnya suatu pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Empat pilar tersebut mencakup, Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika. Hal tersebut tidak bisa dipisahkan dari bangsa Indonesia yang telah merdeka dari penjajahan selama hampir 70 tahun.

Karena peserta didominasi oleh mahasiswa yang notabenenya adalah pemuda, Ruhut banyak memberikan motivasi akan pentingnya peran pemuda sebagai agen penerus dan agen perubahan bangsa. Ruhut berharap mahasiswa dapat menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam beraktivitas terutama dalam menyampaikan pendapat di depan umum.

“Saya dulu juga aktivis kampus, dan Saya aktif dalam setiap kegiatan kampus, namun saya tetap menjaga etika dan moral dalam menyampaikan pendapat,” ucap pria alumnus Hukum Unpad tersebut.

“Banyak sekali rekan-rekan seperjuangan dulunya sangat idealis namun sekarang dijerat dengan masalah korupsi, itu karena tidak memiliki prinsip yang profesional sehingga mudah tergoyah akan kekuasaan,” tambah pria yang sering melanturkan pernyataan kontroversi di media tersebut.

Melalui pemahaman yang tajam tentang pedoman berbangsa dan bernegara, Ruhut meyakini pemuda bisa tampil sebagai pahlawan yang bisa membawa Bangsa Indonesia yang dicita-citakan. Menurutnya, Indonesia masih punya harapan besar karena Indonesia adalah bangsa yang besar untuk mewujudkan Trisakti Bung Karno, yaitu berdaulat secara ekonomi, politik dan sosial budaya.

Saat ini katanya, pemerintahan Jokowi terus berusaha untuk bisa mewujudkan Nawacita yang selalu digadang. Menurutnya pemerintahan Jokowi bisa berjalan apabila seluruh elemen bangsa bersatu dan membawa Indonesia yang dicita-citakan dan sesuai dengan Pancasila dan UUD tahun 1945. (ded)

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles