Rini Soemarno: Kami Tidak Menjual Rahasia Negara ke Singapura

MENARAnews, Jakarta – Rencana pembangunanan data center di Singapura yang dipelopori oleh kerja sama antara PT Telkom Indonesia (Persero) dengan perusahaan telekomuniasi asal Singapura, Singtel dinilai sejumlah pihak sebagai upaya bunuh diri karena berpotensi mengancam kedaulatan negara.

Menyikapi hal tersebut, Rini Soemarno, Menteri BUMN mengkonfirmasi bahwa pemerintah lewat Telkom tidak akan pernah menjual data Negara, melainkan hanya pembangunan data center ke-3 di Singapura.

Sedangkan antara Telkom dan Singtel, kerja sama mereka tidak berkaitan dengan pembangunan data center tersebut, melainkan berupa implementasi ICT Solution.

“Disini saya menegaskan bahwa kerja sama antara Singtel dan dan Telkom adalah untuk memberikan solusi ICT. Disini kita membicarakan tentang sistem bukan mengenai penjualan data”, ujar Rini, di Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (20/06/2015)

Berkaitan dengan rencana pembangunan data center. Rini menjelaskan bahwa hal tersebut adalah permintaan dari anak usah Telkom, yaitu Telekomunikasi Indonesia International Pte Ltd Singapore (Telin) yang digunakan untuk melakukan pengelolaan data perusahaan swasta di Singapura

“Jadi data center ini Telin yang membuat, karena telah memenangkan tender oleh Jurong pada 2014. Jadi begitu penjelasannya”, jelas Rini

Klarifikasi Rini tersebut merupakan buntut dari laporan sejumlah pihak yang berasal dari Indonesian Club (IC), ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bahwa Menteri BUMN tersebut diduga membahayakan kedaulatan negara atas kerja sama pembuatan data center antara PT Telkom Indonesia dengan perusahaan telekomunikasi Singapura, Singtel (AD)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!