Puasa, Tarif Angkutan Penumpang Bus Umum Turun

 

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dalam rangka memasuki bulan puasa dan menjelang lebaran, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan informasi Kalteng menurunkan tarif angkutan bus kelas ekonomi yang melayani Antar Kota Dalam provinsi.

Hal tersebut berdasarkan keputusan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 188.44/297/2015 tentang penyesuaian tarif angkutan penumpang bus umum antar kota dalam provinsi kelas ekonomi di Provinsi Kalimantan Tengah. Dimana penurunan tarif angkutan berkisar lima persen dari tarif sebelumnya.

Kepala Dishubkominfo Provinsi Kalteng M Hatta, mengatakan jika penyesuaian tarif angkutan umum sangat berpengaruh terhadap aktifitas masyarakat yang menggunakan angkutan umum menjelang bulan puasa dan lebaran. Hal ini merupakan kebijakan dari Gubernur Kalimantan Tengah.

“Penurunan lima persen tarif angkutan umum diharap mampu membantu masyarakat saat bulan puasa dan menjelang lebaran. Karena kita ketahui sendiri pada masa itu masyarakat banyak yang melakukan aktifitas pulang ke kampung halamannya,” katanya saat dibincangi MENARAnews, Selasa (16/6/2015).

Menurutnya, penyesuaian tarif angkutan umum berlaku sejak tanggal ditetapkan yakni 15 Juni 2015. Sehingga saat ini perusahaan jasa transportasi sudah melakukan penyesuaian tarif sesuai dengan keputusan tersebut. Penyesuaian tarif sudah termasuk dengan iuran wajib dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dan jenis asuransi lainnya yang dilakukan secara sukarela.

“Jadi apabila ada pungutan lain dari penyedia jasa angkutan maka harus terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Gubernur Kalimantan Tengah,” tegasnya.

Adapun penyesuaian tarif angkutan penumpang bus umum antar kota dalam provinsi kelas ekonomi di Provinsi Kalteng seperti Palangka Raya – Sampit tarif lama Rp71.500 menjadi Rp 68.000, Palangka Raya Pangkalan Bun tarif lama Rp 143.000 menjadi Rp 136.000.

Rata-rata penurunan tarif angkutan berkisar dari Rp 2.000 hingga Rp 10.000. Penurunan paling signifikan yakni Palangka Raya ke Puruk Cahu dari tarif lama Rp192.000 menjadi Rp 183.000. (Ferry Wahyudi)

Editor: Raudhatul

Comments
Loading...