Presiden Jokowi Resmikan Tol Cikopo – Palimanan

MENARAnews, Purwakarta – Presiden Jokowi hari ini meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Tol sepanjang 116,75 km tersebut menghubungkan daerah Cikop (Purwakarta) dengan Palimanan (Cirebon) Jawa Barat.

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa peresmian tol ini dipercepat dari jadwal semula pada 15 Juni 2015. Djoko Kirmanto yang dulu menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum memulai proyek jalan tol ini dengan peletakan batu pertama pada desember 2011.

Total investasi pengerjaan proyek tol tesebut mencapai Rp 12,56 triliun. PT Lintas Marga Sedaya, PT Baskhara Utama Sedaya, dan Konsorsium PT Karabha Griyamandiri – PT Nusa Raya Cipta Joint Operation adalah perusahaan yang terlibat dalam pembangunan proyek tol itu.

Jalan tol Cikopo-Palimanan merupakan bagian dari mega proyek jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur, sehinnga akan memperpendek jarak tempuh sejauh 40 km dan diperkirakan akan memotong waktu tempuh 1,5 – 2 jam jika dibandingkan dengan jalur Pantura. (AD)

 

Comments
Loading...