spot_img

Petani di Kabupaten Muarojambi Gagal Panen Karena Kekeringan

MENARAnews, Jambi – Cuaca panas yang terjadi di bulan Juni ini, mulai berdampak buruk bagi areal persawahan tadah hujan. Pasalnya, kekeringan yang melanda membuat petani terancam gagal panen. Seharus Petani padi sudah rampung menanam semai padi, namun hingga kini petani Desa Danau Kedap Kecamatan Marosebo Kabupaten Muarojambi, kesulitan menanam padi, masalahnya dilanda kekeringan. 

Untuk membuat padi pesawahan tetap basah, para petani terpaksa setiap hari menyirami padi dengan air seadanya dari sumur.

Arifin, petani di Desa Danau Kedap kecamatan Marosebo mengatakan, musim panas memang menjadi ancaman bagi lahan sawah tadah hujan. Karena kultur tanah sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan padi yang ditanam.

”Jika hingga akhir bulan Juni tidak turun hujan, maka dipastikan para petani akan gagal tanam hingga menyebabkan gagal panen. Padahal saat ini lahan persawahan sudah rampung digarap. Kekeringan ini sudah berlangsung selama 2 bulan, jika panas terjadi, maka sangat tidak memungkinkan untuk melanjutkan proses tanam,” jelas Arifin.

Diakuinya, petani terpaksa menyirami padi dengan air  yang  diambil dari sumur menggunakan ember, untuk menjaga agar kultur tanah selalu lembab.

“Hal itu dilakukan agar padi yang ditanam tidak kering,” tutur Arifin. Arifin menjelaskan, situasi seperti ini sering terjadi, tahun kemarin petani disini  sudah 2 tahun gagal panen. Namun tetap saja diharapkan agar secepat mungkin hujan turun, karena sawah tadah hujan dapat panen jika cuaca memungkinkan untuk bersahabat.

“Kalau seperti ini jangankan mau panen,  padinya dapat bertahan hudup saja sudah bersyukur. Kami harap kondisi ini tidak berlangsung lama, mengingat bertani adalah satu-satunya mata pencarian kami,” imbuh Arifin.   

Arifin menambahkan, ada ratusan hektar sawah milik warga sudah mengalami kondisi kekeringan.   

”Kekeringan ini diperparah karena ada pengadaan parit drainase yang diadakan oleh dinas pertanian,” kata Arifin.(RN)

 

 

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,042PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles