Masjid Agung akan Sediakan 400 Porsi Takjil untuk Berbuka

MENARAnews, Medan (Sumut) – Masjid Agung adalah mesjid kedua terbesar di Kota Medan. Ramadhan kali ini BKM Masjid Agung akan bagikan 400 porsi takjil setiap berbuka Puasa.

Karim, selaku Badan Kenaziran Masjid Agung mengatakan Ramadhan  1436H ini masjid agung memiliki kebiasaan yang tak jauh beda dari sebelumnya. ” Biasanya setiap hari kita akan buka puasa bersama, dan ada tausyiah yang nantinya dilanjutkan dengan Shalat Tarawih 23 Rakaat”, ujarnya. 

BKM Agung nantinya juga akan gelar Tadarusan satu Juz  setiap malamnya selama bulan Ramadhan. ” Al Qur’an itu ada tiga puluh juz, jadi dalam sebulan tuntaslah dia”, katanya.

Tadarusan juga akan menghadirkan dua orang Hafiz Qur’an setiap malamnya. Ini sudah terjadwal di BKM Agung. 

Saat Subuh, juga akan ada Tausyiah, namun itu dikondisikan. Kalau pada malam harinya ada ceramah, subuhnya tidak ada begitu sebaliknya. 400-500 takjil juga dipersiapkan untuk jamaah yang akan berbuka di Masjid Agung. Takjil ini dibagikan secara cuma-cuma.

Biasanya pada saat Ramadhan Masjid Agung selalu ramai dikunjungi jamaah yang ingin melaksanakan Ibadah. “Yang paling banyak itu biasanya karyawan Sun Plaza dan kantor- kantor disekitaran masjid”, ungkapnya.

Karim menuturkan biasanya ada pejabat-pejabat yang datang ke Masjid ini untuk shalat ataupun untuk mendengarkan ceramah namun tetap diperlakukan layaknya jamaah lainnya. “Tidak ada penyambutan yang istimewa apabila ada pejabat pemko atau yang lainnya hadir kesini”, ungkapnya.

Masjid Agung juga menggelar pengajian rutin yang diadakan mulai dari hari senin sampai kamis yang diadakan pada siang hari usai Zuhur. 

Untuk Sahur Masjid Agung akan menyediakan makanan sahur pada malam malam ganjil atau biasa disebut malam i’tikaf. Biasanya ini berkenaan pada 21, 23, 27, dan seterusnya pada malam ganjil.

Untuk diketahui Masjid Agung Medan memiliki bangunan utama dengan ukuran sekitar 43 m x 43 m, ditambah bangunan menara, kantor, dan tempat wudhu dan toilet.. Masjid Agung Medan memiliki pelataran parkir yang cukup luas. Yang cukup menarik dan patut dicontoh oleh masjid lain adalah pengumuman dari panitia shalat jumat yang mengundang kehadiran jemaah untuk menyaksikan penghitungan uang dari kotak amal dan menandatangani berita acara.(yug)

Comments
Loading...