KPU Provinsi Lakukan Bimtek ke PPK

 

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Pemilihan Gubernur (Pilgub) masih beberapa bulan lagi. Namun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah kini sudah disibukan dengan persiapan-persiapan menjelang pemilihan tersebut.

Seperti yang dituturkan oleh Ahmad Syar’i selaku Ketua KPU Provinsi, sejak 22 Juni 2015 hingga dua hari ke depan, pihaknya akan melaksanakan bimbingan pelaksanaan teknis (Bimtek) terkait penetapan data pemilih dan sistem informasi data pemilih (Sidalih) kepada seluruh KPU di tiap-tiap Kabupaten selanjutnya akan diteruskan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Desa.

Jumlah Kecamatan/ Desa yang akan diberikan Bimtek oleh KPU Provinsi ada sekitar 136 Kecamatan dan 1.572 desa dan semua sesuai tahapannya sebab keduanya tidak bisa digabung dalam satu bimbingan pelaksanaan.

“Tiga hari kedepan kami akan melakukan bimbingan kepada PPK di setiap kabupaten mengenai Bimtek data Pemilih dan Bimtek Sidalih,” tutur Ahmad Syar’i kepada MENARAnews, Senin (22/6/2015).

Sedangkan untuk proses pendaftaran diakui Syar’i, untuk pendaftaran jalur perseorangan sudah berakhir sejak tanggal 18 Juni lalu. Dan, pihaknya pun telah mengeluarkan surat yang menyatakan, bahwa salah satu pasangan dari jalur perseorangan tidak bisa melanjutkan pencalonannya karena tidak memenuhi syarat.

“Pada saat pendaftaran perseorangan itu kita lihat apakah dalam  jumlah hitungan hardcopy terpenuhi atau tidak, karena jumlah minimalnya 287. Kemudian sebarannya terpenuhi atau tidak sebab data dalam softcopy dan hardcopy harus sinkron. Ternyata salah satu yang mendaftar jalur perseorangan itu, setelah kami telusuri tidak mencapai target,” jelasnya.

Sementara, untuk pencalonan yang diusung oleh partai ujarnya, akan dimulai pada 26 Juli mendatang. Sedangkan, untuk penetapan calon gubernur dimulai pada 24 Agustus. Setelah itu baru pihaknya melakukan proses pengecekan persyaratan tiap calon.

“Untuk persiapan Pilgub itu membutuhkan waktu selama delapan bulan. Dan berapa calon yang ikut saat ini masih belum bisa kami ketahui, sebab pendaftarannya baru akan dilakukan Juli nanti. Selanjutnya, kami akan mengundang pimpinan partai terkait pencalonan dan dana kampanye,” imbuhnya.

Syar’i menambahkan, bahkan logistik untuk keperluan Pilgub hingga saat ini masih belum ada, karena pihaknya masih memfokuskan kepada persiapan pendaftaran calon hingga persiapan sarana dan prasarana.

“Kalau untuk persiapan logistik untuk Pilgub ini masih belum ada, sebab pendaftaran calon saja masih belum. Dan untuk saat ini kami akan fokus di bimbingan teknis dulu dan juga persiapan lainya,” tukasnya. (Kontributor Palangka Raya)

Editor: Raudhatul

Comments
Loading...