KPU: Kondisi Keuangan 11 Kabupaten Bervariasi

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menggelar jumpa pers Terkait Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak 11 Kabupaten di Grand Abe Hotel selasa (16/6). Dalam Keterangan yang disampaikan oleh Musa Sombuk anggota KPU Provinsi Papua, KPU Papua merasa perlu menyampaikan informasi kepada publik terkait persiapan pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Papua yang sudah memasuki tahapan pencalonan perseorangan.

“Hari ini kami ingin menyampaikan tentang masalah kesiapan dana, proses-proses penyiapan dana yang masih terkendala di beberapa daerah dan proses tahapan pencalonan perseorangan,”katanya.

Dikatakan, kami juga ingin mengklarifikasi tentang pemberitaan media bahwa di beberapa daerah pilkada terancam tidak dapat dilaksanakan, terkait hal tersebut akan dijelaskan tentang kesiapan dana di kabupaten-kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh KPUD.

Di tempat yang sama Adam Arisoy Ketua KPU Provinsi Papua mengatakan Kondisi keuangan 11 kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak di Papua bervariasi, tergantung pencairan dana dari pemerintah daerah setempat. Anggaran KPU yang sudah ditanda tangani oleh KPU sendiri dan sudah terealisasi berdasarkan presentase dari jumlah anggaran yang dibutuhkan di masing-masing kabupaten adalah; Kabupaten Merauke sudah 100%, Kabupaten Nabire 82%, Asmat 65%, Supiori 78%, Keerom 33%, Memberamo Raya 50, Boven Digoel 40%.

Kemudian ada daerah yang realisasi pencairan dananya masih sangat kecil yaitu Kabupaten Waropen baru 13% dan setelah kita lakukan monitoring ke sana ternyata dana tersebut sudah habis terpakai, sehingga tidak dapat melanjutkan proses tahapan Pilkada. Yahukimo 14%, dan dari nilai jumlahnya ini sangat kecil sekali jika dibandingkan dengan luas wilayahnya. Kami berharap dan minta kepada pemda-pemda yang akan melaksanakan Pilkada serentak agar kiranya dapat mencairkan dana sekaligus, hal ini untuk memperlancar proses tahapan Pilkada. Kemudian Kabupaten Pegubin sudah 91%, cukup signifikan jumlahnya, dan ini kami berikan apresiasi kepada pemda yang sudah memberikan dukungan dalam realisasi pencairan dana,

“Kami harapkan daerah-daerah lain dapat mencontoh 2 kabupaten tersebut, yaitu Merauke dan Pegubin. Dan terakhir Kabupaten Yalimo baru 29,73%, sehingga untuk total keseluruhan yang sudah terealisasi di provinsi Papua sebesar 47,33% dengan jumlahnya sebesar Rp.149.149.555.000”, ucapnya.

Untuk tahapan dan jadwal calon perseorangan dimulai dari 8 s.d 18 juni 2015, dengan jumlah calon independen yang sudah mendaftar yaitu di Boven digoel ada 4, Kabupaten Nabire 4, Yalimo 1 dan Supiori 1. (Surya).

Comments
Loading...