Kemenpora Gelar Karya Kepeloporan Pemuda Nusantara di USU

MENARAnews, Medan (Sumut) – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar Karya Kepelolporan Pemuda Nusantara Tahun 2015 di Pendopo Universitas Sumatera Utara, Jumat sore (12/6).

Adapun kegiatan ini diadakan melalui kerjasama Dinas Pemuda dan Olahraga Provsu dan USU. Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari seluruh provinsi yang ada di Sumatera mulai dari Aceh, Sumut, Riau, Kepri, Sumbar, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Sumsel dan Bangka Belitung.

Peserta datang dari tiga orang delegasi masing-masing provinsi serta 300 orang penerima beasiswa S2 Menpora, perwakilan KNPI Sumut dan mahasiswa se-Kota Medan. Adapun tema kegiatan yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah Terwujudnya Pemuda Indonesia Mandiri dan berdaya saing. Hal tersebut digunakan mengingat Indonesia akan menghadapi persaingan besar tahun depan, salah satunya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Dalam pembukaan acara, hadir Sakhyan Asmara, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Menpora, Muhammad Tohir, Kepala Bidang Pemuda Dispora Provsu. Dalam pidatonya, Tohir mewakili Kadispora Provsu menyampaikan bahwa Dispora menjadi wadah dan siap memfasilitasi pemuda yang ingin berkarya lewat keterampilannya masing-masing.

“Melalui kegiatan ini kita berharap pemuda semakin bergairah untuk berkreativitas dan bersemangat mengelola potensi yang ada di daerahnya masing-masing,” ucapnya.

Sakhyan Asmara juga menambahkan dalam sambutannya bahwa pemuda menjadi generasi penerus yang harus bergerak dan membangkitkan semangat kepeloporan dalam berbangsa dan bernegara. “Pemuda menjadi bagian yang sangat penting dalam perkembangan bangsa ini dan pemuda bertanggungjawab terhadap perubahan bangsa menjadi lebih baik,” ucapnya.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari hingga 12 Juni dan penutupan acara akan diadakan di Hotel Garuda Plaza Medan. Acara kali ini dimeriahkan oleh perkusi Etnomusikologi USU dan Sumatera Barat. Stand hasil karya pemuda berupa kerajinan tangan, makanan khas daerah dan teknologi terbarukan juga turut meramaikan acara di gedung yang dulunya dikenal sebagai Gedung Pancasila tersebut. Walaupun diguyur hujan dan keterlambatan yang harusnya dimulai pukul 15.00 WIB menjadi 16.30 WIB, peserta tetap bersemangat mengikuti jalannya acara.

Pada hari terakhir, Anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan akan hadir dan memberikan pemaparan seputar kepemudaan. (ded)

 

Comments
Loading...