Kemenpora Dorong Pemuda Untuk Terus Berinovasi

MENARAnews, Medan (Sumut) – Talkshow dalam acara Menpora yang mengundang Sofyan Tan, Anggota Komisi III DPR RI Dapil Sumut I, Ghali Kurbani, Tenaga Ahli Menpora RI dan Ferdian Syahputra, penerima beasiswa S2 Menpora untuk Perencanaan Wilayah Pedesaan di Ballroom Hotel Garuda Plaza, Medan, Minggu (14/06/2015).

Dalam tiga hari rangkaian acara Menpora dalam Gelar Karya Kepeloporan Pemuda Nusantara Tahun 2015 yang diadakan di Pendopo USU dan Hotel Garuda Plaza, yang ditutup dengan acara talkshow. Adapun talkshow kali membahas peran pemuda secara kritis dan mendalam untuk memberikan pemahaman kepeloporan kepada pemuda dari pembicara yang berpengalaman.

Sofyan Tan sebagai anggota DPR RI yang membidangi permasalahan pemuda menyampaikan pemuda harusnya cerdas, penuh dengan inovasi dan kritis melihat satu masalah. “Pemuda saat ini dituntut dengan kesadaran dan kesiapan dirinya menghadapi arus global, terutama menghadapi tantangan ekonomi secara global,” ucapnya.

“Saat ini atmosfir pemuda pra reformasi jelas berbeda dengan pasca reformasi, pemuda semakin dihadapkan dengan derasnya arus globalisasi yang punya potensi negatif juga positif,’’ tambahnya. Menurutnya, Indonesia sudah kaya dengan sumber daya alam, namun masih minim ketika dihadapkan dengan sumber daya manusia yang akan mengolahnya. Sofyan Tan, yang juga aktivitis pemuda menantang peserta untuk membuat terobosan baru yang bisa membuat pemuda mandiri dan menjadi pelopor perubahan yang gesit.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ghali Kurbani, saat ini pemuda dihadapkan dengan kenyataan zaman yang ingin mengkooptasi pemuda dalam euforia sesaat. Pemuda semakin redup melihat permasalahan bangsa dalam konteks kekinian dilihat dari semangat pemuda yang semakin menurun. “Kita punya musuh bersama, pemuda harus bersatu melihat penyakit bangsa ini, seperti narkoba, kemiskinan, pengangguran yang terus meningkat,” ucapnya. Ghali menyikapi bahwa pemuda akan terus disusupi oleh intervensi budaya asing yang membuat pemuda lupa akan tanggungjawabnya bagi negara, melihat bahwa peran pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan dan reformasi memiliki komposisi yang sangat besar.

Bagi Ferdiansyah, Menpora sangat berperan penting terutama memfasilitasi pemuda dalam kegaitan-kegiatan yang bermanfaat. Misalnya beasiswa dan pendanaan yang jelas dan mendukung pemuda untuk terus berkarya. Hal tersebut juga disampaikan kepada Sofyan Tan untuk diperjuangkan di parlemen, sebagai wakil rakyat.

Di akhir acara, Sakhyan Asmara, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Menpora RI, berterima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara tersebut. “Kita berharap melalui kegiatan ini, kedepannya pemuda semakin berani untuk berkreatifitas dan berinovasi dan meninggikan martabat bangsa,” ucapnya. Kata penutup tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian acara selama tiga hari yang dimulai sejak Jumat (12/6) lalu dan dilanjutkan dengan foto bersama. (ded)

 

Comments
Loading...