spot_img

Japan Indonesia Network berikan Konsultasi Sekolah di Jepang

MENARAnews, Medan (Sumut) Japan Indonesia Network (JIN) bekerjasama dengan Yayasan Jissho Medan menyelenggarakan Seminar Pendidikan Nasional mengenai sekolah Jepang di Aula Serbaguna Fakultas Ilmu Budaya (FIB) USU, Senin (22/06).

Dalam seminar tersebut hadir Ketua Yayasan JIN, Mayumi Oyama, Ketua Yayasan Jissho, Jissho Putra, Pengurus Asosiasi Studi Jepang di Indonesia (AJSI) Wilayah Sumut, Amstrong Simamora dan Guru SMA Sendai Ikuei Jepang, Mami Adae.

Dalam sambutannya Amstrong Simamora sangat mengapresiasi kegiatan tersebut kepada masyarakat Medan umumnya untuk bisa mendapatkan informasi seputar sekolah di Jepang. “Semoga melalui seminar ini, kita dapat mengambil manfaat berupa informasi bagi yang ingin sekolah di Jepang khususnya di SMA Sendai Ikuei,” ucapnya sebelum membuka serangkaian acara.

Mayumi Oyama saat memberikan informasi bagi siswa/i yang ingin sekolah di Jepang sangatlah mudah dan lebih murah dibanding warga lokal Jepang. Mayumi juga menyampaikan bahwa SMA Sendai Ikuei merupakan sekolah yang terkemuka di Sendai, Jepang. “Disana banyak siswa/i dari luar negeri seperti Kanada, Inggris, Amerika, Indonesia dan lainnya. Mereka difasilitasi dengan asrama sehingga membuat murid lebih mandiri,” ungkapnya.

Karena peserta didominasi oleh siswa/i SMA, Mayumi menyarankan untuk mempersiapkan diri terutama menguasai Bahasa Jepang dengan minimal mengikuti kursus selama satu tahun. Selanjutnya bisa mendaftar melalui JIN dengan biaya pendaftaran dan administrasi jika lulus seleksi sebesar Rp 2.5 juta. Selanjutnya membayar uang sekolah sesuai ketentuan sekolah.

Untuk pendidikan selama 1,5 tahun pertama, siswa dibebankan sebesar  ¥ 2,050,000 dan sudah termasuk biaya asrama, seragam dan buku, makan pagi dan malam, dan administrasi ke kantor imigrasi, sisanya dibebankan kepada siswa.

“Ini sudah termasuk harga yang murah bagi siswa/i Internasional khususnya Indonesia jika dibandingkan dengan siswa/i Jepang sendiri,” tambahnya. (ded)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles