spot_img

Dinsos Kalteng Pantau Kesiapan Salurkan Kartu Sakti

 

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Dinas Sosial (Dinsos) Kalteng memantau kesiapan Kantor Pos wilayah Kota Palangka Raya terkait penyaluran Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) serta sisa penerima Program Keluarga Harapan yang juga masih tersisa di kantor pos.

Pemantauan yang langsung dilakukan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng Guntut Talajan bermaksud mengetahui kesiapan kantor pos dalam melakukan pelayanan pembagian kartu sakti. Pasalnya, bulan September mendatang, kartu sakti tersebut akan segera dicetak.

“Apabila tidak ada halangan, September mendatang kartu sakti akan dicetak. Dari pemantauan terlihat jika kantor pos secara meyakinkan kesiapannya dalam menyalurkan kartu sakti tersebut,” katanya saat dibincangi MENARAnews, Selasa (23/6/20115).

Dikatakannya bahwa pemantauan dilakukan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, karena nantinya berkas hasil pantauan akan dikirim ke Jakarta sebagai bukti kesiapan Kalteng dalam menyalurkan kartu sakti sesuai dengan program presiden.

Saat ini tutur Guntur, pihaknya sedang melangsungkan konsultasi publik oleh BPS dan independen untuk memvalidasi dan memverifikasi data penduduk miskin berdasarkan Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011.

“Pada bulan Juli harus selesai semua pendataan fakir miskin¬† agar Pemutakhiran Data Berbasis Terpadu (PDBT) 2015 sesuai Inpres No 7 tahun 2014 itu dapat terlaksana,” katanya.

Sementara tugas Dinsos tambahnya, adalah mendata masyarakat Penyandang Masalah Kesejahtetaan Sosial (PMKS) seperti WTS, anak terlantar binaan Dinsos, penyandang disabilitas dan sebagainya. Hingga saat ini menurut Guntur pendataan ini sudah selesai hingga 80 persen dan sudah dikirimkan ke tingkat pusat untuk ditindaklanjuti.

“Tapi Juli ini sisanya yang 20 persen harus selesai dan dikirim ke pusat juga. Kita optimis bisa selesai tepat waktu,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Pos Palangka Raya, Surya Hambali pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa saat ini di pulau Kalimantan, persiapan penyaluran kartu sakti baru ada di Balikpapan dan Kubu Raya, sedangkan di Pontianak akan berlangsung pada akhir Mei.

“Kita belum tahu kapan giliran untuk Kalteng. Tapi kita berharap segera apalagi kan September akan di cetak jadi tidak lama lagi. Kalteng juga masih memverifikasi data ini, mudah-mudahan tidak ada yang salah supaya tepat sasaran,” tegasnya. (Ferry Wahyudi)

Editor: Raudhatul

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,052PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles